Unik, Istana Wapres Filipina Terbuat dari Pohon Kelapa

Unik, Istana Wapres Filipina Terbuat dari Pohon KelapaIstana kelapa di Manila, Filipina @tripadvisor.com
Istana kelapa adalah salah satu wisata yang wajib dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke negara Asia, Filipina. Tempat yang terletak di Manila ini memang memiliki banyak bangunan yang terbuat dari bagian-bagian tumbuhan kelapa.

Bangunan yang ada di The Coconut Palace ini menggunakan atap dari papan kayu kelapa, serta pilar-pilarnya terbuat dari pohon kelapa yang dipasang terbalik.

Lantai di sana juga terbuat dari kayu kelapa. Begitu juga dengan karpet dan wallpaper yang terbuat dari serat kelapa, serta 101 tempet lilin dan meja makan yang dikreasikan dari ribuan batok kelapa.



Mulai dari akar, batang, bunga, daun, serta batok kelapa dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi bangunan istana tersebut. Tree of life (pohon kehidupan), begitu masyarakat setempat menyebut pohon kelapa.

Ide untuk membuat istana kelapa digagas oleh Imelda Marcos, yakni istri dari presiden Ferdinand Marcos yang memimpin pada tahun tahun 1981 untuk menyambut kedatangan Paus Yohanes Paulus II.



Sayangnya Paus Yohanes menolak menginjakkan kaki di istana tersebut karena biaya pembuatannya mencapai USD 10 juta atau Rp 136 miliar sementara banyak warga di Filipina yang hidup miskin.

Istana ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2011 silam, dan kini juga telah menjadi tempat tinggal serta kantor untuk wakil Presiden.

mks