Masjid Unik di Afrika Ini Dipercaya Dibangun Bangsa Jin

Masjid Unik di Afrika Ini Dipercaya Dibangun Bangsa JinMasjid Nando @dogononderwijs.nl
Sebuah masjid bernama Nando di Desa Nando, Mali, Afrika Barat ini terlihat sangat unik. Kabarnya, keunikan masjid Nando ini adalah karena yang membangunnya bukan manusia, melainkan bangsa jin.

Bangunan yang seluruhnya tampak aneh membuat penduduk setempat berpikir bahwa tidak mungkin manusia yang membangun manjid yang telah berdiri sejak abad ke-12 masehi itu. Masjid ini tidak memiliki kubah, hanya dilapisi lumpur baik dinding maupun lantai.



Bagian tepi lantai juga dibiarkan lebih tinggi dari bangunan yang lain mirip dengan benteng kuno. Ada pula kaligrafi di setiap sisi bangunan tersebut yang juga terbuat dari lumpur.

Faktor lain yang membuat masyarakat percaya bahwa masjid unik ini bukan buatan manusia adalah adaanya jejak kaki raksasa pada salah satu sisi masjid. Warga percaya jika jejak itu adalah milik jin Muslim yang tinggal di sana.



Keberadaan masjid ini dikatakan adalah karena pengaruh masuknya agama Islam ke Afrika Barat pada abad ke-9 mesehi, di mana Islam dibawa oleh pedagang Muslim dari suku yang suka mengembara di gurun sahara selaran dan Sahel utara, yakni Berber dan Tuareg.

Meski bangunannya sama sekali tidak mirip dengan masjid, namun fungsinya tetap sama, yakni untuk tempat beribadah bagi kaum Muslim yang tinggal di desa tersebut.

mks