Apartemen Taiwan Runtuh Bukan Kena Gempa Tapi Mafia Proyek

Apartemen Taiwan Runtuh Bukan Kena Gempa Tapi Mafia ProyekGedung apartemen gunakan material tidak layak @asiaone.com

Ratusan orang dilaporkan masih tertimbun reruntuhan gedung apartemen yang runtuh akibat gempa berkekuatan 6,4 SR di Taiwan, Sabtu (6/2) lalu.

Tim penyelamat mengatakan, 27 orang dipastikan meninggal, dan 350 lainnya bisa ditarik dari reruntuhan dengan selamat. Salah satu korban tewas adalah bayi yang baru lahir.

gempa-taiwan

Lebih dari 800 tentara diturunkan dalam upaya penyelamatan. Presiden Ma Ying-jeou menjanjikan "upaya habis-habisan" untuk menyelamatkan orang-orang.

Komplek apartemen Weiguan Jinlong (Naga Emas) setinggi 17 lantai dihuni 256 orang.

gempa-taiwan

Berdasarkan laporan Daily Mail, terungkap penyebab bangunan apartemen itu bisa roboh dan saling tindih satu sama lain. Hasil investigasi menunjukan, struktur bangunan beton apartemen itu dinilai tidak sesuai dengan standar bangunan 17 lantai.

Bahkan, material yang digunakan bukan beton 100 persen, melainkan ditambah material lain yang bukan merupakan bahan bangunan, yakni limbah kaleng minyak. Hal itu terlihat dari foto yang menjadi viral di media massa.

gempa-taiwan

Diduga kaleng minyak itu sengaja dipakai untuk campuran material beton agar menghemat biaya pengeluaran. Alhasil, merebak dugaan jika anggaran pembangunan rumah susun itu telah dikorupsi oleh mafia proyek.

Nay