Pelajar di Sejumlah Daerah Dilarang Rayakan Hari Valentine

Pelajar di Sejumlah Daerah Dilarang Rayakan Hari ValentinePelajar menolak ikutan acara Velentine Day @tribunnews.com

Dinas Pendidikan Kota Malang, Jawa Timur menerbitkan Surat Edaran yang melarang para pelajar merayakan Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari mendatang. Disdik beralasan, untuk menjaga pelajar di Malang tidak melakukan kegiatan yang melanggar norma sosial.

"Arti kasih sayang itu kan jangan sampai berlebihan dalam perbuatannya. Apalagi sekarang ini kan rawan, banyak orang tak bertanggung jawab. Kita harus bersamasama mengawasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah.

Dalam surat edaran itu disebutkan, para pelajar sebaiknya mengisi waktu dengan kegiatan bermakna, seperti berbagi pada petugas kebersihan, penjaga makam, dan orang yang membutuhkan.

Soal kemungkinan sekolah membuat kegiatan penuh pada hari Valentine, hal itu tidak memungkinkan sebab 14 Februari bertepatan dengan hari Minggu.

"Tak mungkin membuat kegiatan full di sekolah, itu kan sudah hari libur dan di luar pemantuan sekolah. Orang tua harus lebih mengawasi, jangan sampai saat ada apa-apa nanti pihak sekolah yang disalahkan," tandas Zubaidah.

Larangan pelajar merayakan Hari Kasih Sayang itu juga dilakukan Disdik daerah Sidoarjo.

Kepala Dindik Sidoarjo Mustain Baladan mengatakan, pihaknya meminta sekolah menyurati semua wali murid agar melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya menjelang hari Valentine 14 Februari 2016.

"Ini kali kedua kami keluarkan SE tersebut. Kami melarang siswa merayakan Valentine," kata Mustain.

Pun demikian dengan daerah Makassar. Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar menerbitkan Surat Edaran yang berisi seruan serupa, melarang pelajar ikut larut dalam euforia Hari Valentine.

Hal itu dibenarkan oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto, bahwa dirinyalah yang meminta Disdik untuk mengeluarkan Surat Edaran tersebut.

"Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai dengan moral dan budaya ketimuran bangsa kita. Seperti perayaan Valentine Day dengan pesta hura-hura, serta kegiatan yang dapat merusak moral pelajar kita," ujar Danny. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Nay