Cara Bermain Catur di Facebook Messenger

Cara Bermain Catur di Facebook MessengerBermain catur di Aplikasi Messenger @androidheadlines.com
Meski hanya sebuah aplikasi chatting, namun Facebook Messenger ternyata juga bisa digunakan untuk memainkan game catur secara online bersama teman Anda. Bagaimana caranya?

Pertama cari teman Facebook yang ingin dijadikan lawan bermain catur, lalu ketik @fbchess play sehingga akan muncul papan catur secara otomatis. Untuk memilih warna bidak yang ingin Anda mainkan, Anda juga bisa mengetikkan kata White atau Black.

Namun sayangnya, pemain tidak bisa menggerakkan bidak catur tersebut dengan cara drag-and-drop, melainkan melalui sebuah perintah berupa teks. Papan catur tersebut adalah gambar statis yang akan muncul seiring pergerakan yang diperintah oleh pemain, seperti dilansir Mashable.

Perintah teks dalam permainan ini menggunakan medote Standard Algebraic Notation. Huruf P akan mewakili Pawn atau pion, R adalah Rook atau benteng, N melambangkan Knight atau kuda, B adalah Bishop atau menteri, Q adalah Queen atau ratu, serta K adalah King atau raja.

Untuk menggerakkan bidak, Anda perlu mengetikkan hurup depan tersebut diikuti dengan posisi tujuan, misalnya untuk menggerakan sebuah pion dari tempat awalnya Anda bisa mengetik @fbchess Pe3.



Jika perintah Anda salah atau sedang bukan giliran Anda, maka pihak Facebook akan mengirimkan peringatan yang memberitahukan kesalahan Anda.

Selain melangkah normal, beberapa perintah lain yang bisa dilakukan antara lain adalah @fbchess draw offer untuk menawarkan pengakuan bahwa pertandingan berakhir dengan seri, @fbchess undo untuk mengulang langkah yang baru saja Anda ambil, atau @fbchess resign untuk menyerah dari permainan.

Lebih jelasnya Anda bisa melihat bantuan dengan mengetik @fbchess help.

Meski tidak dipublikasikan oleh Facebook, namun fitur unik ini berhasil diketahui oleh salah seorang pengguna Reddit beberapa waktu lalu. Fitur ini tidak hanya bisa dilakukan pada aplikasi Messenger di smartphone melainkan juga di bagian pesan Facebook web.

mks