Orangutan di Australia Ini Jago Bermain Game Xbox

Orangutan di Australia Ini Jago Bermain Game XboxOrangutan bermain game dari Xbox @huffingtonpost.com
Orangutan memang dikenal sebagai primata yang mempunyai kecerdassan mirip manusia. Seekor Orangutan di kebun binatang Melbourne, Australia menjadi sorotan media lantaran mampu bermain game dari konsol Xbox.

Foto yang diambil oleh University of Melbournes Microsoft Research Centre for Social Natural User Interfaces itu memperlihatkan Orangutan bernama Malu sedang asyik bermain game di Xbox yang sengaja disediakan.

Pejantan berusia 12 tahun itu menjadi salah satu hewan yang terlibat dalam program penelitian untuk meningkatkan kecerdasan, kejiwaan, serta interaksi sosial saat di dalam penangkaran.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menggunakan sistem sensor Kinect 3D yang tersemat di konsol Xbox yang disediakan untuk Orangutan Malu. "Malu akan mendekati titik merah yang terproyeksi ke lantai dan menciumnya. Titik itu akan meledak dan muncul ditempat lain, dan dia akan kembali mencium titik tersebut," ujar salah seorang ilmuwan, dilansir Huffingtonpost.

Ia juga menjelaskan bahwa penelitian ini dilakukan setelah para penjaga kebun binatang melakukan program pengayaan menggunakan lukisan dan tablet. Ketika itu mereka mendapati kemampuan Orangutan masih sangat terbatas sehingga harus mendapatkan pelatihan lebih.

Meski game yang dimainkan oleh Orangutan Malu ini sangatlah sederhana, namun peneliti mengatakan jika bukan tidak mungkin primata ini akan mampu menyelesaikan game yang lebih sulit seiring berjalannya waktu.

mks