Teleskop 'Pembongkar Alam Semesta' James Webb Akan Rampung

Teleskop 'Pembongkar Alam Semesta' James Webb Akan RampungTeleskop James Webb @en.wikipedia.org
NASA telah mengumumkan perkembangan tebaru mengenai teleskop James Webb atau 'mesin waktu' yang diklaim akan mampu menguak misteri alam semesta. Predikat itu disematkan tidak lain adalah kemampuan luar biasa yang dimiliki James Webb lebih baik 100 kali lipat dari teleskop terkenal, Hubble.

Teleskop James Webb dikatakan mampu menyisir area dengan jarak mencapai 200 juta tahun setelah peristiwa BigBang.

Tim insinyur NASA di Maryland, AS mengatakan jika James Webb kini sudah dalam tahap perakitan, sudah mencapai pada pemasangan 18 cermin segi enam. Artinya, teleskop ini akan segera selesai dalam beberapa waktu ke depan, seperti dilansir Daily Mail.

Tiap cermin yang ada di teleskop tersebut disebut mempunyai ukuran sekitar 1,3 meter dengan bobot mencapai 40 Kg. Jika disatukan, cermin tersebut akan mempunyai diameter sekitar 6,5 meter.

Salah seorang peneliti di NASA, John Grunsfeld mengatakan, "Para insinyur telah bekerja tanpa lelah untuk memasang cermin luar biasa ini yang akan fokus pada cahaya dari lingkungan atmosfer planet yang tersembunyi sampai area yang sangat awal dari alam semesta."

Selesainya pemasangan cermin ini menurut John merupakan salah satu bagian terakhir dari pembuatan teleskop secara keseluruhan. Jika lancar, John memprediksi bahwa teleskop James Webb ini akan diluncurkan 2018.

Lee Feinberg, manajer elemen teleskop NASA mengatakan butuh waktu sekitar satu dekade untuk merancang, memproduksi, menguji dan kini merakit sistem cermin utama tersebut. "Ada tim besar dari seluruh negeri ini yang berkontribusi atas pencapaian ini," ujarnya.

Tim insinyur pun kini sedang menguji semua komponen yang terpasang untuk memastikan teleskop bisa tahan terhadap peluncuran roket, demikian dikatakan oleh manajer proyek, Bill Ochs.

mks