Berhenti Langganan IndiHome, Telepon Tidak Dicabut

Berhenti Langganan IndiHome, Telepon Tidak DicabutTelkom IndiiHome @kompas.com
Seperti yang kita tahu sebelumnya kebijakan Telkom untuk menerapkan Fair Usage Policy pada IndiHome banyak menuai kritikan, bahkan berujung pada banyak pelanggan yang ingin berhenti berlangganan.

Namun, beberapa waktu lalu pengguna yang ingin berhenti berlangganan IndiHome dikatakan akan mendapat rentetan masalah lainnnya, seperti pemutusan telepon rumah. Mengenai hal ini Telkom telah mengeluarkan pengumuman terbaru.

Direktur Consumer Telkom, Dian Rachmawan mengatakan jika telepon rumah masih bisa dipakai meski pelanggan berhenti berlangganan IndiHome. "Jadi tidak tepat adanya pemberitaan bahwa Telkom tidak melayani permintaan masyarakat atas telepon dasar," ujarnya.

Melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Telkom menjelaskan bahwa pihaknya telah berdiskusi mengenai pemutusan layanan Telkom jika pelanggan berhenti berlangganan IndiHome.

Diskusi tersebut menjelaskan bahwa pelanggan IndiHome dilayani dengan fiber optic untuk menjamin kecepatan. Cara layanan telepon disalurkan dalam jaringan fiber adalah dengan melalui layanan data internet.

Dian mengatakan, "Voice over Internet, jadi bila layanan IndiHome dihentikan, secara otomatis, layanan teleponnya juga berhenti."

"Teknologi lama sudah tidak lagi digunakan. Apabila hanya satu play, maka secara ekonomis, menjadi lebih mahal ketimbang tripleplay," ujarnya lagi.

Ia juga mengatakan bahwa masih banyak pelanggan yang mengerti dengan manfaat layanan tripleplay. "Kami akan memperbaiki cara menjual layanan IndiHome ke pasar," tandasnya.

mks