Al Quran Ini Ditulis dengan Tinta Tak Terlihat 'Nanoteknologi'

Al Quran Ini Ditulis dengan Tinta Tak Terlihat 'Nanoteknologi'Al Quran @albawaba.com
Pengunjung pameran Al Quran Internasional ke-22 di Teheran, Iran dibuat terkagum-kagum dengan sebuah Al Quran yang ditulis dengan tinta tak terlihat.

Kitab suci yang ditulis oleh Mohsen Khanjari Anbouhi tersebut merupakan salinan Al Quran pertama yang ditulis menggunakan tinta yang tak terlihat mata secara langsung.

Al Quran dalam bentuk naskah itu ditulis menggunakan nanoteknologi dan tinta emas asli yang hanya bisa dilihat dengan sinar cahaya khusus. "Tinta yang digunakan untuk menulis Al Quran ini terlihat jika sinar inframerah disorotkan ke atasnya," ujar Khanjari.

Al Quran tersebut memiliki ukuran 29 sentimeter kali 20 sentimeter. Jika pameran ini telah usai, Khanjari berencana menyumbangkan Al Quran tersebut pada sebuah lembagai amal di Mashhad, Iran, Astan Quds Razavi.

Iran memang selalu mengadakan pameran Al Quran tiap tahun di bulan Ramadan di Taman Pertahanan Suci dengan tujuan untuk mempromosikan dan mengenalkan kitab suci umat Islam itu kepada publik. Ada 16 perwakilan karya dalam pameran ini, termasuk dari Palestina, Aljazair, Tunisia, Malaysia, India, Pakistan, Turki, bahkan Spanyol dan Rusia.

mks