Makna Uang US$ 6.006,13 Bagi Google

Makna Uang US$ 6.006,13 Bagi GoogleAngka 6.006,13 @mobilegeeks.de
September tahun 2015 lalu, seorang mahasiswa tanpa diduga berhasil membeli domain paling banyak dikunjungi di dunia, Google.com dengan harga cukup murah, yakni US$ 12. Namun, Google pun menarik kembali domain tersebut dengan membayar sebesar US$ 6.006,13 atau sekitar Rp 82 jutaan.

Jumlah tersebut dibilang sebanding dengan bisnis Google yang malang melintang di dunia, seperti dilansir Huffingtonpost, Selasa (2/2/2016).

Mahasiswa beruntung bernama Sanmay Ved pun segera menghubungi Google ketika perusahaan tersebut berencana membeli domainnya itu dengan angka yang cukup mengejutkan.

Yang cukup menarik untuk diketahui adalah angka yang dikeluarkan Google terlihat cukup unik, yakni US$ 6.006,13 yang ternyata bisa dibaca sekilas seperti tulisan 'Google'.

"Julingkan sedikit mata Anda, kemudian Anda akan dapat membacanya (sebagai kata Google)," demikian tulis Google di blog resmi perusahaan beberapa waktu lalu.

Ved sendiri pernah bekerja sebagai account strategist Google sejak 2007 sampai dengan 2012. Kini, ia merupakan mahasiswa aktif di Babson College, Massachusetts.

Kendati mendapatkan kompensasi dari Google terkait penarikan domain tersebut, namun Ved memutuskan agar Google mengalihkan dana tersebut untuk sebuah lembaga yang bergerak di bidang edukasi dan humanitarianisme yang berbasis di India, Art of Living India Foundation.

Tidak hanya setuju dengan ide Ved, Google malah menggandakan donasi tersebut menjadi US$ 12.012,26 atau sekitar Rp 164 juta. "Saya mencintai perusahaan ini (Google). Google sangat murah hati dengan menawarkan untuk melipat gandakan donasinya," ujar Ved.

mks