Laba-laba Ini Ereksi Sejak 99 Juta Tahun Silam

Laba-laba Ini Ereksi Sejak 99 Juta Tahun SilamLaba-laba ereksi @news.nationalgeographic.com
Fosil hewan jenis laba-laba yang cukup unik belum lama ini mengejutkan pihak Museum fur Naturkunde di Berlin. Bagamana tidak, fosil yang dinamakan daddy longlegs atau harvestman tersebut telah ereksi sejak 99 juta tahun silam, seperti dikatakan Kurator museum, Jason Dunlop.

Fosil hewan tersebut ditemukan di sebuah area kapur di Myanmar. Bentuk alat vital harvestman ini terbilang berbeda karena ujungnya berbentuk hati dan sedikit berliku di bagian pangkal, seperti dilansir Live Science, Kamis (4/2).



Dunlop mengatakan, "Sangat mengejutkan untuk melihat organ genital itu, karena mereka (organ vital) biasanya tersembunyi di tubuh."

Selama ini kelompok laba-laba memang diketahui mempunyai organ genital yang beragam. Beberapa laba-laba punya sungut untuk melewatkan sperma ke betina, sementara harvestman ini mempunyai alat vital yang bisa diperpanjang seperti hewan mamalia.

Fosil harvestman ini dikatakan oleh Dunlop termasuk fosil yang langka, sebab hanya 38 saja yang pernah ditemukan. Selain itu sejauh ini peneliti juga sulit memahami alat vital dari hewan ini. "Detil bentuk, ujung alat vital ini sangat penting untuk mengatakan di mana spesies ini berada pada pohon keluarga harvestman," ujarnya.

mks