Alasan Anjing Menatap Kita Saat Buang Air Besar

Kamis, 04 Februari 2016 16:10
Alasan Anjing Menatap Kita Saat Buang Air BesarAnjing buang air besar @geek.com
Jika Anda pernah melihat anjing yang sedang buang air, tentu Anda mengetahui bahwa hewan peliharaan manusia itu sering kali melihat pada Anda.

Ternyata, tatapan anjing saat buang air besar bukanlah tanpa makna. Kontak mata seperti itu nyaris sama dengan kontak emosional yang terjalin antara anak dan ibu, seperti dilansir Hormones Behavior Journal.

Pakar kejiwaan serta pelatih anjing, Madeline Friedman mengatakan jika nenek moyang anjing menganggap jika kegiatan buang air besar adalah bagian paling rentan bagi mereka.

Oleh sebab itu, anjing selalu merasa tidak aman dan melihat ke arah pemilik atau orang lain yang berada di sekitarnya sebagai bentuk permintaan perlindungan.

"Anjing menatap pemiliknya untuk memperoleh rasa tenang dan nyaman saat sedang buang air besar," ujar Friedman

Selain itu, tatapan anjing juga bisa berarti permintaan izin atas apa yang mereka lakukan. "Biasanya terjadi saat membawa anjing jalan-jalan keluar, mereka tahu berada di luar teritori sehingga merasa akan merasa tenang bila diperbolehkan," lanjutnya.

Dokter spesialis hewan, dr Sonja Olson juga mengatakan hal serupa terkait tatapan anjing ketika buang air besar. Ia mengatakan jika perilaku itu adalah sebagai pernyataan bahwa mereka juga membutuhkan ruang pribadi yang aman.

"Balas tatapannya ketika ia menatap dan jangan ganggu karena mereka benar-benar butuh tenang dan nyaman," ujar Oslon.

(mks)
Komentar