Ditemukan Lukisan Dinding dari Abad ke-1 Masehi di London

Ditemukan Lukisan Dinding dari Abad ke-1 Masehi di LondonLukisan dinding kuno @ibtimes.co.uk
Lukisan dinding yang diperkirakan berasal dari abad ke-1 Masehi baru saja ditemukan oleh Arkeolog di Museum London, Inggris.

Lukisan dinding atau fresco tersebut ditemukan di 21 Lime Street selama penggalian untuk sebuah kantor baru. Lukisan berukuran 2,5 x 1,5 meter dengan ketebalan satu milimeter itu ditemukan dalam keadaan tertelungkup, seperti dilansir IBTimes, Kamis (4/1).

Lukisan tersebut menurut ilmuwan dilukis untuk menghias permukaan dinding Forum Basillica 2, pusat warga sipil kota sekaligus bangunan terbesar romawi yang pernah di bangun di pegunungan Alpen.

Peneliti mengatakan, "Fresco itu dilukis dengan tangan oleh seniman terampil menggunakan pigmen alami, kecuali satu area merah pada batang pohon anggur. Ini menggunakan pigmen sulfida merkuri mahal yang harus ditambang di Spanyol."

Meski rapuh, namun sisa-sisa lukisan tersebut masih tampak terawat. Lukisan tersebut juga masih memperlihatkan desain rumit dan bahan yang digunakan untuk menghias. Terdapat pula fitur panel berwarna-warni yang menggambarkan rusa menggigit tanaman, lalu burung, buah, serta jalinan anggur di sekitar lilin.



Peneliti kini sangat bersemangat untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkiat lukisan dinding kuno ini dengan tujuan mengetahui mode dan interior favorit warga kaya pertama di London.

Skema desain pada lukisan tersebut menurut peneliti belum pernah ditemukan di Britania-Romawi. Kemiripan justru cenderung mengarah ke Villa Romawi di Cologne, Jerman. Hal ini pula yang membuat peneliti semakin penasaran.

"Spesialis kami terus mempelajari lukisan dan catatan arkeologi dari penggalian. Kami berharap dapat membangun gambaran tentang daerah ini di masa Romawi dan perkembangannya selama hampir 2000 tahun sejarah London," demikian ujar para peneliti.

mks