Bikin Status Buruk di Sosmed Bisa Berdampak Pemecatan

Bikin Status Buruk di Sosmed Bisa Berdampak PemecatanIlustrasi dipecat @cheatsheet.com
Perusahaan Werksmans Attorneys menjelaskan bahwa pihaknya atau perusahaan manapun berhak memberikan hukuman bahkan memecat karyawannya yang sengaja mengunggah postingan tidak pantas di media sosial, meski tidak ada hubungannya dengan perusahaan.

Bradley Workman Davies, direktur Werksmans Attorneys mengatakan bahwa perusahaan akan mendapat dampak buruk begitu juga para pelanggan, calon pelanggan atau pemegang saham karena ulah karyawan mereka.

Davies mengatakan, "Karena itulah, perusahaan berhak untuk mengambil tindakan atas konten tidak pantas yang dibuat oleh pekerjanya. Karena hal ini memiliki potensi merusak bisnis perusahaan."

"Sebaliknya, pekerja juga harus sadar bahwa semua konten yang diunggah ke media sosial tidak lagi bersifat pribadi," ujarnya lagi.

Selama ini sudah banyak contoh terkait hal ini, sebuah perusahaan tak segan-segan memecat karyawannya yang mengunggah postingan tidak pantas di media sosial, termasuk unggahan rasis.

Perilaku seorang pekerja di luar perusahaan menurut Davies tetap saja berdampak pada perusahaan di mana tempat mereka bekerja. Namun, sebelum membuat keputusan perusahaan sebaiknya juga memberikan kesempatan pada pekerja untuk menjelaskan apakah mereka bersalah atas tuduhan yang dituduhkan padanya atau tidak.

"Seseorang harus ingat bahwa hak mengemukakan pendapat mereka seharusnya tidak melanggar hak orang lain," tandas Davies.

mks