Jackie Y Ying, Muslimah yang Jadi Profesor Termuda di Kampus MIT

Jackie Y Ying, Muslimah yang Jadi Profesor Termuda di Kampus MITJackie Y Ying @news.gov.sg
Sebagai seorang wanita muslimah, Jackie Y Ying (29) telah mematahkan pandangan yang mengatakan bahwa seorang wanita sebaiknya berada di rumah dan mengurus keluarganya.

Wanita asal Taipe, Tiongkok tersebut merupakan profesor termuda bidang Bioenginering dan Nanoteknologi dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Ying sendiri tumbuh di Singapura setelah keluarganya memutuskan untuk pindah ke sana. Ia lalu menimba ilmu di salah satu sekolah unggulan di Singapura, Raffles Girls' School, seperti dilansir worldstorytoday.com.

Ying kemudian pindah ke New York bersama dengan keluarganya di usia 15 tahun. Ia berhasil lulus dan meraih BE pada bidang Teknik Kimia dari The Cooper Union, New York dengan penuh kehormatan pada 1987 atau di usianya yang ke-20. Ia juga meraih gelar MA dari sebuah universitas riset swasta Ivy League, Princeton University pada tahun berikutnya.

Tahun 1991, Ying mendapatkan Predikat PhD Teknik Kimia dari Princeton University. Setelah itulah ia bergabung dengan Jurusan Teknik Kimia MIT dan dinobatkan sebagai profesor penuh di jurusan yang sama saat berusia 35 tahun (2001).

Ying memutuskan kembali ke Singapura dan mengabdi sebagai Direktur Eksekutif Institute od Bioenginering and Nanotechnology (IBN) pada tahun 2003.

Dia juga tercatat sebagai salah satu Advisory Board of Society for Biological Engineering dan Scientific Advisory Boards of Molecular Frontiers di Pusat Katalis Ilmu Pengetahuan Universitas King Abdullah.

Selain itu, Ying juga mendapat gelar profesor kehormatan dari Jilin University Tiongkok, Sichuan University Tiongkok, Nanyang Technology University Singapura, dan King Saud University Arab Saudi.

Wanita berhijab ini juga merupakan editor jurnal ilmiah internasional bidang nanoscience dan teknologi, Nano Today.

Ia setidaknya juga telah memiliki 340 publikasi di sejumlah jurnal ilmiah. Tak hanya itu, Ying juga memiliki 150 paten utama yang digunakan di sejumlah perusahaan startup multinasional. Ying juga mendirikan perusahaan untuk mengatur pelepasan insulin secara otomatis bernama SmartCells Inc.

mks