China Pamer Foto Permukaan Bulan Beresolusi Tinggi

China Pamer Foto Permukaan Bulan Beresolusi TinggiRobot Yutu China tangkap gambar permukaan Bulan @latimes.com
Melalui kendaraan otonom yang sedang melakukan eksplorasi terhadap Bulan, China memamerkan ratusan foto beresolusi tinggi dan juga video terkait permukaan Bulan.

China adalah negara ketiga yang berhasil mendaratkan peralatan mereka di Bulan setelah Amerika dan Rusia. Sementara dokumentasi ini adalah pertama kalinya dilakukan China.



Lembaga antariksa The China National Space Administration telah mendaratkan kendaraan mereka bernama Yutu tersebut pada tahun 2013 silam, sebagai bagian dari misi antariksa Chang'e-3.

Kendaraan tersebut mampu beroperasi normal dan merekam berbagai gambar Bulan dan mengirimnya ke Bumi meski sempat mengalami gangguan.



Foto-foto yang diambil dari kamera robot ini memiliki resolusi yang sangat tinggi sehingga mampu menampilkan permukaan Bulan secara detil.

Sayangnya Yutu tidak mampu beranjak dari posisinya karena medan yang sulit. Dalam hal ini China akan mengirim misi berikutnya, yakni Chang'e 4 demi mengirim Yutu ke permukaan Bulan yang lebih baik.



Banyak prediksi yang mengatakan bahwa tujuan akhir dari penelitian China ini adalah mengirimkan manusia ke Bulan, seperti yang dilakukan AS dan Rusia sebelumnya, seperti dilansir Mirror.

mks