Hapus Aplikasi Facebook Bikin Ponsel Lebih Cepat & Hemat Baterai

Hapus Aplikasi Facebook Bikin Ponsel Lebih Cepat & Hemat BateraiAplikasi Facebook di Android @androidcentral.com
Selama ini tidak sedikit pengguna smartphone Android yang mengeluhkan bahwa aplikasi Facebook memiliki banyak masalah, terutama pada penggunaan daya baterai yang boros.

Bahkan, Chieft Product Officer Facebook, Chris Cos tahun lalu meminta bawahannya untuk beralih dari ponsel iPhone ke Android untuk mengatasi masalah ini.

Seorang blogger, Russel Holly belakangan ini mencoba berhenti menggunakan aplikasi Facebook. Lalu, seorang pengguna Reddit, pbrandes_eth melakukan uji coba yang sama untuk mengetahui apa yang terjadi jika ia tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Cukup mengejutkan, ia mengaku bahwa aplikasi yang ada di perangkat LG G4 miliknya bisa terbuka 15 persen lebih cepat ketika ia tidak memiliki aplikasi Facebook dan Messenger. Banyak pengguna Reddit yang melakukan hal serupa dan mendapat hasil yang sama pula.

Salah seorang pegawai The Guardian, Samuel Gibbs memaparkan bahwa ia juga berhenti menggunakan aplikasi Facebook dan menggantinya dengan aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan situs mobile Facebook bernama Metal.

Menurut Gibbs, apa yang ia lakukan ini dapat menghemat daya baterai sampai dengan 20 persen pada perangkat Huawei Nexus 6P miliknya. Kesimpulannya, aplikasi Facebook tampaknya memakan daya yang tidak sedikit meski tidak menunjukkan konsumsi daya yang besar di statistik baterai Android.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa beralih dari aplikasi Facebook ke Facebook versi web di Chrome Android yang juga mempunyai banyak fitur, termasuk chat.

mks