Penjelasan Minuman Bersoda Meledak Saat Kemasukan Permen Mint

Penjelasan Minuman Bersoda Meledak Saat Kemasukan Permen MintMinuman bersoda meledak kemasukan permen mint @youtube.com
Selama ini banyak yang melakukan eksperimen bahwa permen mint Mentos mampu membuat minuman bersoda meledak. Tahukah Anda penyebabnya?

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui bahwa hal itu sebenarnya tidaklah berbahaya;

Reaksi fisika

Penyebab munculnya busa dalam jumlah yang banyak ketika permen Mentos dimasukkan ke dalam botol minuman bersoda adalah karena reaksi fisika.

Terlebih dulu Anda harus tahu bahwa karbonasi pada minuman bersoda dibuat dari gas karbondioksida yang dicairkan. Oleh karena itulah, ketika dikocok maka karbonasi akan berubah menjadi bentuk aslinya, yakni gas.

Nukleasi

Karbondioksida dalam bentuk cair juga bisa berbusa ketika bersentuhan dengan benda yang mempunyai banyak tonjolan kecil. Karbondioksida akan langsung berkerumun di tonjolan tersebut dan membentuk gas dalam jumlah yang banyak. Proses inilah yang oleh ilmuwan disebut sebagai Nukleasi.

Dalam hal ini, permen mint mentos adalah salah satu benda yang mempunyai tonjolan banyak tersebut. Permen ini disemprot dengan lapisan gula super tipis sebanyak 40 kali sehingga sangat banyak tonjolan kecil di permukaannya.

Selain itu, permen juga mempunyai berat untuk terus melaju ke dasar botol sehingga proses nukleasi berjalan cukup lama hingga banyak busa yang akan keluar.

Lihat salah satu video eksperimen tersebut di atas!
mks