Robot NASA Opportunity Mampu Bertahan di Mars 12 Tahun

Robot NASA Opportunity Mampu Bertahan di Mars 12 TahunRobot NASA, Opportunity @nasa.gov
Pekan ini, robot NASA yang ditugaskan untuk mengeksplorasi planet Mars, Opportunity berhasil bertahan sampai di hari ulang tahunnya yang ke-12. Hal ini tentu sangat luar biasa mengingat robot tersebut dirancang untuk bertahan 90 hari saja.

NASA mengatakan jika Opportunity awalnya dirancang untuk beroperasi dalam waktu singkat. Berdasarkan prediksi dan kalkulasi, suhu ekstrem di planet merah tersebut akan merusak panel solar ada ada di robot, seperti dilansir Mirror.

Tidak disangka bahwa prediksi tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan, di mana robot tersebut ternyata mampu bertahan lama setelah menghabiskan waktu selama enam bulan untuk bisa sampai di Mars pada 25 Januari 2004 silam.

John Callas, ilmuwan NASA yang bekerja di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, mengatakan jika badai angin yang ada di Mars mampu membersihkan panel solar robot tersebut secara periodik.

"Kami tak menyangka, badai angin ini dimanfaatkan Opportunity untuk mengumpulkan sumber energi," ujarnya.

Saat musim dingin, robot tersebut malah mampu memanfaatkan badai angin lebih baik. "Ia (Opportunity) bisa memanfaatkan badai angin tersebut dua kali lipat saat musim dingin," lanjut Callas.

Sejauh ini pihaknya mengaku waspada dengan usia Opportunity yang semakin tua. Oleh karena itulah, ia bersama timnya akan menggelontorkan dana USD 14 juta atau sekitar Rp 191 miliar tiap tahun untuk dana perawatan.

mks