Berhenti Langganan IndiHome, Semua Produk Telkom Akan Dicabut

Berhenti Langganan IndiHome, Semua Produk Telkom Akan DicabutLayanan IndiHome @detik.com
Penerapan Fair Usage Policy (FUP) pada layanan IndiHome Telkom pada 1 Februari kemarin membuat banyak pelanggan kecewa, bahkan tidak sedikit pelanggan yang mengancam akan berhenti berlangganan.

Kendati demikian, pelanggan yang ingin berhenti berlangganan kini harus berpikir ulang karena semua produk Telkom akan dicabut ketika pelanggan berhenti berlangganan IndiHome, termasuk telepon rumah.

Ridwan Fariz di status Facebook-nya mengatakan, "Berhenti langganan Telkom Indonesia Indihome = Berhenti internet, berhenti tv, dan.. Cabut line telepon, dan no telepon 20 tahun lebih hangus gitu aja."

Hal ini tentu sangat merugikan bagi pelanggan, terlebih mereka yang masih membutuhkan telepon rumah. Pelanggan perkantoran pun juga mengalami hal yang sama, mereka akan kehilangan nomor telepon yang sudah digunakan sejak puluhan tahun.

Fariz mengatakan jika dirinya telah menghubungi nomor Telkom di nomor 147. Sementara Customer Service mengatakan, jika pelanggan ingin berhenti berlangganan IndiHome, maka semua layanan Telkom akan dicabut, serta pengambilan barang yang dipinjamkan.

"Yang parah adalah nomor telepon juga akan dinonaktifkan dengan alasan semua sudah terintegrasi," ujarnya.

Dampak ini adalah karena Telkom menerapkan Triple Play, yakni paket yang memberikan koneksi internet, TV kabel, serta sambungan telepon yang menjadi satu. Telkom melakukan migrasi terhadap jaringan teleponnya dari kabel telepon pada umumnya ke jaringan kabel fiber optic, begitu juga pada layanan internet dan TV kabel sejak tahun lalu.

Karena tidak ada penjelasan dari awal, pelanggan yang protes karena sambungan telepon juga akan diputus saat ingin berhentin berlangganan internet merasa ditipu dan kecewa. "Pihak marketing tidak menginformasikan hal ini, iming-iming promo saja," ujar Fariz.

Meski customer service mengaku tidak bisa membantu permasalahan tersebut, namun ketika Fariz mengajukan protes ke kantor Telkom ternyata petugas di sana menjelaskan bahwa pengguna nomor lama masih bisa berhenti berlangganan IndiHome tanpa pencabutan sambungan telepon.

Tentu saja hal ini sangat membingungkan dan tidak ada komunikasi yang jelas antara pihak Telkom pusat dan Telkom daerah.

"Seluruh perangkat Telkom yang terdapat di pelanggan akan diambil kembali oleh pihak Telkom," demikian tulis Telkom di FAQ IndiHome.

mks