Kisah Abul Bajandar, Si Manusia Akar dari Bangladesh

Kisah Abul Bajandar, Si Manusia Akar dari BangladeshAbul Bajandar @metro.co.uk
Manusia akar alias Dede Koswara beberapa waktu lalu dikabarkan telah menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. Namun ternyata, manusia akar bukanlah Dede seorang. Ada manusia akar lainnya di Bangladesh bernama Abul Bajandar.

Pria 25 tahun tersebut juga dijuluki sebagai manusia akar karena kelainan kulit langka yang dideritanya selama tujuh tahun terakhir. Di tangan dan kakinya tumbuh lesi seperti kutil.

Dalam dunia medis, penyakit yang diderita Abul disebut sebagai Verruciformis Epidermodysplasia (EV), yakni sebuah gangguan kulit langka dan warisan yang menciptakan lesi seperti kutil di sekujur tubuh, seperti dilansir Daily Mail.

Setelah membentuk dewan medis ahli, Dokter di Dhaka Medical College and Hospital (DMCH) memutuskan akan melakukan serangkaian pengobatan dalam upaya penyembuhan.

Meski sejauh ini masih belum ada obat yang mampu menyembuhkan EV, namun beberapa perawatan perlu dilakukan untuk mengurangi rasa sakit serta mendapat harapan.

Kasus yang sama sebelumnya juga dialami oleh seorang pria asal Rumania bernama Ion Toader pada tahun 2007 silam.

Kepala koordinator National Institute of Burn and Plastic Surgery dari DMCH, Dr Samanta Lal Sen telah mengumumkan bahwa penyakit langka ini tumbuh akibat infeksi berat Virus Human Pappiloma (HPV). Dokter di AS bahkan menduga jika tipe virus ini adalah salah satu yang terburuk di dunia.

mks