Gratis! Kuliah Kedokteran di Unpad, ini Syaratnya

Gratis! Kuliah Kedokteran di Unpad, ini SyaratnyaIlustrasi @tribunnews.com

Kabar gembira datang dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Per tahun 2016 ini, Unpad membebaskan biaya kuliah untuk program studi sarjana pendidikan dokter dan pendidikan dokter spesialis di Fakultas Kedokteran. Kendati demikian ada syaratnya untuk bisa kuliah kedokteran gratis.

Mahasiswa atau mahasiswi harus mau bersedia mengabdi di wilayah atau instansi yang sudah ditentukan saat lulus. Jika tidak memenuhi syarat itu, maka ijazah tidak akan diberikan.

"Jika tidak bersedia memenuhi perjanjian itu, jangan pilih kuliah di Fakultas Kedokteran (FK) Unpad. Ada banyak perguruan tinggi lain yang juga menyediakan pendidikan kedokteran," ujar Rektor Unpad Prof Dr Med Tri Hanggono Achmad dalam jumpa pers di Bandung, Senin (25/1) lalu.

Pada tahun akademik 2016/2017, FK Unpad menerima 250 calon mahasiswa dengan rincian 125 dari jalur SNMPTN dan 125 dari jalur SBMPTN.

Semua siswa yang diterima melalui dua jalur tersebut dibebaskan biaya kuliah melalui beasiswa yang ditanggung pemerintah daerah dari 27 kota di Jawa Barat maupun beasiswa dari instansi swasta.

"Kenyataannya, daerah-daerah itu memerlukan tenaga. Jadi, mereka siap untuk bisa memberikan biaya pendidikannya," ujarnya.

Penggratisan biaya kuliah tersebut bertujuan agar setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk kuliah di jurusan kedokteran yang selama ini terkenal mahal. Di sisi lain, kebutuhan dokter, terutama dokter spesialis masih tinggi.

Tri mengakui, untuk wilayah Jawa Barat sebaran dokter masih belum merata. "Karena itu, kami akan prioritaskan tenaga dokter untuk wilayah Jawa Barat," tutur Tri.

Dekan FK Unpad Dr Yoni Fuadah Syukriani, dr, MSi, SpF, DFM, menilai program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar mengabdi kepada masyarakat.

"Ini adalah salah satu cara memfasilitasi mereka (mahasiswa) sehingga bisa bekerja dengan baik di masyarakat dan kariernya bisa bangun," kata Yoni. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Nay