Heboh! Sony Pernah Rilis Kamera Tembus Pandang

Heboh! Sony Pernah Rilis Kamera Tembus PandangCelana dalam wanita terlihat dari kamera Sony @youtube.com
Sony dikatakan pernah memasarkan produk kontroversial di masa lalu, tepatnya pada tahun 1998. Saat itu Sony disebut telah menjual kamera canggih tembus pandang, bahkan bisa melihat pakaian dalam manusia.

Sony saat itu memasarkan kamera video atau camcorder bernama Handycam Vision dengan fitur Night Vision atau penglihatan malam. Fitur itulah yang banyak diperbincangkan belakangan ini.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan Customer Correspondent di Good Morning America Bank tahun 1998, Greg Hunter, dikatakan bahwa kamera tersebut mampu melihat pakaian dalam dua model yang menjadi percobaan Greg.

Tak hanya itu, Greg bahkan mampu melihat tato yang ada di balik baju model tersebut dan menyadari bahwa sang model wanita tidak mengenakan celana dalam di balik rok-nya.

Kemampuan ini ternyata adalah hasil dari teknologi sinar inframerah dengan bantuan lensa khusus. Dampaknya, pakaian yang berwarna gelap akan tampak transparan pada kamera tersebut sehingga pakaian dalam atau tubuh manusia dibalik pakaian gelap bisa terlihat.

Nahas bagi Sony, kemampuan ini ternyata dimanfaatkan sejumlah orang untuk mendapatkan gambar-gambar wanita yang terlihat hampir bugil, meski sejatinya mereka memakai pakaian. Gambar-gambar itu pun akhirnya disebarkan di dunia maya dan menuai kontroversi.

Kini, Sony pun dipaksa melakukan recall terhadap 700 ribu camcorder yang telah tersebar itu. Tidak diketahui apakah Sony bisa mendapatkan kembali ratusan ribu perangkat yang dijual dengan harga hingga Rp 8 jutaan itu atau tidak.

mks