Ilmuwan Diperbolehkan Rekayasa Genetik Janin

Ilmuwan Diperbolehkan Rekayasa Genetik JaninJanin @theblaze.com
Pemerintah Inggris akhirnya memberikan izin kepada ilmuwan untuk mengembangkan rekayasa gen janin manusia di bawah pengawasan. Penelitian dilakukan di Francis Crick Institute, London dengan tujuan untuk memahami permulaan kehidupan manusia.

Rekayasa gen adalah tindakan memanipulasi DNA yang merupakan cetak biru kehidupan, sementara para ilmuwan hanya akan melanggar hukum ketika menanam janin pada wanita.

Percobaan akan dilakukan pada tujuh hari pertama setelah pembuahan dan diharapkan akan mampu menjelaskan masalah yang dihadapi saat seseorang mengalami keguguran, seperti dilansir BBC.

Ilmuwan China tahun lalu juga sudah melakukan rekayasa gen janin manusia untuk pertama kalinya di dunia. Saat itu ilmuwan fokus terhadap bagaimana memperbaiki gen penyebab masalah darah.

Sebagian pihak memandang bahwa rekayanan gen janin manusia ini adalah hal yang menyimpang, mengubah DNA janin menurut mereka adalah langkah yang terlalu jauh dan membuka jalan untuk terciptanya bayi unggulan.

Namun ilmuwan Dr Kathy Niakan yang memimpin penelitian ini membantah jika rekayasa gen janin ini untuk menghasilkan janin unggulan. Ia mengatakan jika tujuan dari penelitian ini adalah hanya sekedar memahami masalah kesehatan. "Kami sangat ingin memahami gen yang diperlukan janin manusia agar berkembang menjadi bayi yang sehat," tandasnya.

mks