Studi: Anjing Terbukti Jadi Hewan Penyayang

Studi: Anjing Terbukti Jadi Hewan PenyayangIlustrasi anjing dengan pemiliknya @picturesofbabies.net
Anjing dan kucing memang menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan di rumah bagi sebagian banyak orang. Namun ternyata, sebuah studi mengungkapkan bahwa anjing adalah sosok hewan penyayang, terutama pada sang pemilik.

Dilansir dari Times of India, sebuah studi yang dilakukan sebagai bagian dari film dokumenter BBC, ahli saraf asal AS, Paul Zak, mengambil sampel air liur beberapa jenis hewan peliharaan. Sampel tersebut lantas diuji untuk mengetahui kadar oksitosin, hormon yang bertanggung jawab atas kebahagiaan dan kasih sayang.

Hasil menunjukkan, ketika pemilik berinteraksi dengan anjing peliharaannya, kadar oksitosin pada tubuh anjing meningkat. Kadar oksitosin pada anjing meningkat sebanyak 57,2 persen ketika berinteraksi dengan pemiliknya. Sementara pada kucing, saat berinteraksi dengan pemilik, kadar oksitosinnya hanya meningkat sebanyak 12 persen.

"Saya sangat terkejut menemukan bahwa anjing memproduksi kadar oksitosin yang tinggi. 57,2 persen adalah respons yang sangat kuat," ujar Zak.

Film dokumenter berjudul Cats vs Dogs sendiri dijadwalkan tayang perdana di BBC pada tanggal 4 Februari 2016.
De