8 Macam Nyeri & Cara Mengobatinya

Rabu, 03 Februari 2016 06:00
8 Macam Nyeri & Cara MengobatinyaIlustrasi nyeri kaki @competitor.com
Nyeri bisa menjadi sebuah petunjuk banwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh. Hanya saja, nyeri biasanya timbul karena cedera, ketegangan fisik yang berlebih dan kelelahan.

Rasa nyeri yang sangat tidak nyaman ini sering kali membuat mereka yang mengalaminya bergantung kepada obat agar cepat sembuh. Padahal, banyak obat-obatan ini yang membuat pengonsumsi kecanduan, sehingga jika tidak mengonsumsinya mereka justru akan merasakan nyeri tersebut.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut beberapa macam nyeri dan cara alami mengobatinya:

1. Nyeri otot dan peradangan

Untuk sakit otot dan nyeri konsumsilah kunyit. Anda dapat menggunakannya secara eksternal yang dihancurkan terlebih dahulu atau internal dengan mencampurnya dengan susu. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi. Kunyit dapat memperbaiki kerusakan jaringan dan peradangan otot.

2. Kram kaki

Kaki yang kram bisa sangat mengganggu terutama ketika Anda sedang melakukan banyak aktivitas. Untuk menyingkirkan kram kaki bisa dengan meminum jus tomat setiap hari untuk penyembuhan. Sebab kram kaki terjadi karena disebabkan oleh kekurangan kalium.

3. Nyeri umum

Penyebab umum nyeri di tubuh adalah kekurangan magnesium. Untuk itu, konsumsilah makanan yang kaya akan magnesium untuk mengobati nyeri tubuh.

Makanan yang mengandung magnesium, seperti alpukat, sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan dan cokelat pekat.

4. Infeksi saluran kemih

Untuk mengobati penyakit ini, penderita harus makan blueberry karena buah itu kaya akan tanin. Tanin dalam blueberry membunuh bakteri di saluran kemih yang menyebabkan infeksi dan sakit saat buang air kecil.

5. Sakit tenggorokan

Untuk meredakan sakit tenggorokan, minum teh peppermint dua kali sehari. Teh hangat ini dapat menenangkan tenggorokan. Selain itu, teh juga dapat membunuh infeksi oleh sifat anti-bakteri tersebut.

6. Radang sendi

Untuk mengobati radang sendi, cobalah meminum teh jahe. Hal ini dapat menurunkan peradangan dan nyeri sendi. Tidak hanya itu, teh jahe juga dapat menenangkan otot dan menghilangkan kekakuan.

7. Sakit kepala

Untuk meredakan sakit kepala, Anda bisa mengunyah kulit pohon willow putih. Sebab kulit pohon tersebut mengandung zat yang dapat menghilangkan rasa sakit yang disebut salisin. Kulit tersebut juga dapat mengurangi sakit kepala, nyeri otot dan kram.

8. Sakit gigi

Untuk sakit gigi, Anda dapat mengonsumsi cengkeh atau mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit. Cengkeh memiliki sifat anestesi yang dapat mematikan rasa sakit.

Cengkeh juga mengandung obat penghilang rasa sakit yang kuat disebut eugenol.
(De)
Komentar