Kalahkan Apple, Alphabet Google Jadi Perusahaan Termahal Dunia

Kalahkan Apple, Alphabet Google Jadi Perusahaan Termahal DuniaAlphabet Google @cbc.ca
Induk Google, yakni perusahaan dengan nama Alphabet kini menjadi perusahaan dengan nilai saham termahal di dunia mencapai USD 570 miliar, cukup untuk membuat Apple berada di bawahnya pada angka USD 534,66 miliar. Banyak yang memprediksi bahwa selisih yang tak jauh beda ini memungkinkan Apple akan kembali menyusul Google dalam waktu dekat.

Perusahaan teknologi termahal dunia berikutnya adalah Microsoft dengan nilai saham mencapai USD 432,72 miliar, lebih baik dibanding dengan dua perusahaan teknologi lain, yakni Exon dan Facebook yang memiliki saham masing-masing USD 317,59 miliar dan USD 327,41 miliar.

Salah satu faktor yang menjadi kekalahan sementara Apple ini adalah tingkat penjualan iPhone yang diperkirakan akan mengalami penurunan. Kendati demikian, Apple sendiri masih mempunyai segudang prestasi untuk kembali menempati posisi pertama sebagai perusahaan teknologi termahal di dunia.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, pada tahun 2014 silam Apple berhasil meraup keuntungan sebesar USD 1 miliar karena telah menggunakan Google sebagai mesin pencari default mereka pada iPhone, seperti dilansir VentureBeat.

mks