Hacker Inggris Dapat Rp 100 Juta Usai Lapor Bug di Facebook

Hacker Inggris Dapat Rp 100 Juta Usai Lapor Bug di FacebookFacebook @bbc.co.uk
Menjadi media sosial dengan pengguna paling banyak di dunia, Facebook tentu tidak berkenan jika di platform mereka memiliki celah keamanan atau bug. Oleh karena itulah, mereka akan memberikan imbalan yang cukup besar kepada siapa saja yang berhasil menemukan dan melaporkan bug di platform tersebut.

Seorang hacker yang juga sebagai konsultan keamanan cyber di Inggris, Jack Whitton belum lama ini dihadiahi uang senilai USD 7.500 atau sekitar Rp 100 juta lantaran menemukan bug berbahaya di Facebook.

Bug yang ditemukan Whitton ini dikatakan memungkinkan seorang hacker untuk mengambil alih akun pengguna. Beruntung Whitton langsung melaporkan hal itu kepada Facebook. 6 Jam setelah laporan itu, Facebook pun berhasil membenahinya.

Whitton mengatakan jika bug yang ia temukan tersebut mampu membuat hacker menjebak pengguna Facebook untuk mengklik tautan yang sengaja dipasang di status Facebook.

Ketika pengguna lain mengeklik tautan tadi, maka secara otomatis hacker tersebut mampu mengirim kode yang bisa mengambil alih akun pengguna tersebut. Parahnya, akun yang sudah berhasi diambil alih akan menampilkan tauran serupa agar semakin menyebar.

mks