1 Februari 2016, Telkom IndiHome Terapkan Fair Usage

1 Februari 2016, Telkom IndiHome Terapkan Fair UsageTelkom Indonesia @twitter.com
Telkom telah memberlakukan kebijakan fair usage policy pada provider televisi kabel berbayar sekaligus internet, IndiHome mulai hari ini, Senin (1/2/2015).

Fair usage policy sendiri adalah kebijakan di mana setelah pelanggan mencapai kuota yang ditetapkan, kecepatan akses akan diturunkan sesuai dengan ketetapan yang diberlakukan.

Kebijakan ini diterapkan pada pelanggan agar penggunaan data bisa tetap berkualitas, demikian seperti dikutip dari frequently asked question (faq) laman IndiHome.

Pernyataan di laman tersebut juga mengatakan, "Telkom berhak mengelola penggunaan bandwidth pelanggan agar tetap berkualitas, serta berhak mengurangi kecepatan atau menghentikan layanan IndiHome untuk pelanggan yang penggunaannya tidak wajar."

Pemakaian tidak wajar ini menurut mereka adalah bentuk reselling atau penjualan kembali dari layanan yang telah mereka berikan.

Secara detil disebutkan, pelanggan dengan kecepatan 10 Mbps memiliki fair usage sebanyak 300 GB. Jika pemakaian mencapai 400 GB, maka kecepatan akan diturunkan 25%, setelah batas tersebut kecepatan akan diturunkan 40% unlimited.

-indihome-fup

Pelanggan dengan kecepatan 20 Mbps mendapatkan fair usage 500 GB. Kecepatan akan diturunkan 25% ketika penggunaan mencapai 800 GB. Setelah itu akan unlimited dengan kecepatan menurun 40%.

Pelanggan dengan kecepatan 30 Mbps diberikan fair usage hingga 500 GB. Kecepatan akan diturunkan 25% ketika pemakaian pelanggan mencapai 1.200 GB. Setelah itu unlimited dengan kecepatan menurun 40%.

Untuk pelanggan dengan kecepatan 40 Mbps, maka fair usage yang diberikan adalah 700 GB. Kecepatan mulai menurun 25% saat penggunaan mencapai 1.600 GB, setelah itu menurun 40% tanpa batasan atau unlimited.

Untuk layanan dengan kecepatan 50 Mbps, maka fair usage yang diberikan adalah 1.200 GB. Kecepatan mulai menurun 25% saat penggunaan pelanggan mencapai 1.600 GB. Setelah itu kecepatan menurun 40% unlimited.

Sementara untuk layanan dengan kecepatan 100 Mbps, maka fair usage yang diberikan adalah 2000 GB. Jika melampaui batas tersebut, maka kecepatan akan langsung menurun 50% unlimited. IndiHome mengatakan jika fair usage ini berlaku bagi seluruh pelanggan.

Menanggapi pertanyaan pelanggan terkait batas fair usage yang sebesar 300 GB per bulan, pihak Telkom menilai jumlah itu cukup besar. Selain itu, kebijakan ini dilakukan guna menjaga kestabilan koneksi internet.

-indihome-fup

mks