Blokir Netflix, Telkom Rilis Layanan Streaming Film Lawas 'Flik'

Blokir Netflix, Telkom Rilis Layanan Streaming Film Lawas 'Flik'Ilustrasi @vtv.vn
Sejak beberapa waktu lalu, Telkom memang sedang gencar-gencarnya dikritik netizen soal pemblokiran layanan streaming film dan tv asal AS, Netflix.

Namun ternyata pemblokiran ini bukan tanpa alasan, Telkom baru saja memperkenalkan Flik. Layanan IndiHome Telkom yang secara khusus menayangkan film Indonesia, terutama film karya sineas Indonesia dekade 90-an atau bahkan 70-an.

Film lawas yang ditampilkan dalam Flik ini telah melalui proses remaster atau restorasi dengan teknologi digital sehingga diklaim mampu disajikan dengan gambar yang cukup berkualitas.

Restorasi sendiri biasanya dilakukan dengan cara memindahkan rekaman film dari media analog ke digital. Tiap frame akan mendapatkan proses scanning dengan resolusi yang tinggi untuk meningkatkan kualitas gambar seperti dengan menghilangkan cacat pada gambar, koreksi warna, atau menambahkan efek visual.

Proses ini juga memungkinkan untuk mengurangi noise, mengatur komposisi volume, serta menambahkan efek audio seperti surround audio. Sehingga, film lawas yang ditampilkan akan terlihat lebih modern dan menarik.

VP Consumer Marketing & Sales Telkom, Jemy mengatakan, "Hadirnya Flik di IndiHome merupakan wujud komitmen Telkom untuk terus meningkatkan kualitas dan manfaat layanan IndiHome bagi pelanggan."

Terkait masalah pemblokiran Netflix, direktur utama Telkom, Alex Janangkih Sinaga mengatakan jika langkah tesebut dilakukan demi melindungi konsumen. "Mengacu UU No. 33/2009 tentang Perfilman khususnya Pasal 57, maka dalam rangka melindungi konsumen dari konten film yang belum disensor oleh lembaga yang berwenang maka Telkom proaktif untuk memblokir Netflix," ujarnya.

Pihaknya juga menegaskan jika pemblokiran tersebut tidak ditentukan batas waktunya. Namun, Alex mengatakan jika hal itu tidak akan berlangsung selamanya. "Ini sampai dengan Netflix memenuhi ketentuan UU 33/2009 dan ketentuan lain yang berlaku di Indonesia," tegasnya.

Telkom sendiri berharap Netflix akan mengantongi izin usaha di Indonesia serta memiliki kontak layanan untuk memudahkan para pengguna.

Alex mengatakan jika pemerintah Vietnam juga meminta Netflix agar memiliki izin dari regulator setempat dan memastikan konten yang disalurkan tunduk dengan aturan yang ada di sana. "Di Singapura dan juga Italia, layanan Netflix juga pernah diblokir sampai akhirnya Netflix mematuhi regulasi yang berlaku di dua negara tersebut," tandasnya.

mks