Swedia Batasi Usia Minimal Pengguna Sosmed

Swedia Batasi Usia Minimal Pengguna SosmedBerbagai media sosial @exacttarget.com
Banyaknya hal negatif yang bisa terjadi karena media sosial membaut pemerintah Swedia mengusulkan batas usia bagi remaja yang ingin berinteraksi dengan dunia maya tersebut, Jumat (29/1/2016).

Sebagai hasil peraturan perlindungan data di tingkat Uni Eropa pada Desember tahun lalu, pemerintah di sana akan mempertimbangkan batas usia antara 13-16 tahun.

Menteri Konsumen Swedia, Per Bolund mengatakan jika perintah tersebut bersifat mengikat dan peraturan yang dibuat pemerintah akan mengatur batas usia yang ditetapkan.

Remaja yang usianya belum mencapai batas tersebut akan membutuhkan izin wali mereka untuk menggunakan berbagai aplikasi media sosial, seperti dilansir Xinhua.

Bolund mengatakan, "Saya mungkin mempertanyakan apakah peraturan ini benar-benar perlu, tapi kita tidak bebas untuk memilih sebab ini adalah instruksi UE bagi pelaksanaan di tingkat nasional."

Badan Inspektorat Data Swedia menyatakan peraturan UE tersebut akan dirancang dan diubah menjadi peraturan Swedia pada April atau Mei tahun 2016.

mks