Polisi Punya 4 Bukti Jadikan Jessica Tersangka Kopi Maut

Polisi Punya 4 Bukti Jadikan Jessica Tersangka Kopi MautJessica resmi jadi tersangka kasus kopi maut Mirna @cnn.com

Jessica Kumala Wongso sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus kopi maut yang menewaskan Wayan Mirna Salihin. Dia ditangkap pagi tadi di Hotel Neo di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara.

Polisi memiliki 4 bukti kuat sebagai dasar penetapan tersangka.

"Dalam ekspose kami, dan gelar kami, alat bukti kami yakini ada 4. Tapi memang ada kekurangan sedikit," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Khrisna Murti kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Sabtu (30/1).

Sesuai aturan, penetapan tersangka bisa dilakukan dengan minimal 2 alat bukti. Dengan 4 alat bukti yang dikantongi polisi, Polda Metro Jaya bisa menetapkan Jessica sebagai tersangka. Meski demikian, ujar Krishna, pihak Kejaksaan masih meminta kelengkapan bukti lain.

"Alat bukti keterangan saksi kami miliki, banyak, kurang lebih 20 keterangan saksi. Keterangan ahli ada 6, yang sudah diperiksa dan akan tambah lagi. Petunjuk dokumen atau surat sudah kami miliki, barbuk atau petunjuk yang kesesuaian satu sama lain sudah kami miliki," ujar Khrisna.

Terkait penetapan Jessica sebagai tersangka itu, Kepala Polda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menjelaskan jika kepolisian sudah memiliki bukti cukup terkait kasus ini.

"Dalam KUHAP itu bukti permulaan itu adalah adanya laporan polisi plus minimal satu alat bukti dari satu delapan hal di KUHAP. Mulai dari transaksi, dua saksi minimal, ada keterangan ahli, ada surat petunjuk atau keterangan tersangka. Artinya penyidik merasa yakin bahwa minimal satu alat buktinya ini ada, tapi saya tidak mau sebutkan karena kita memiliki strategi penyidikan," kata Tito.

Tito beralasan tidak menyebutkan alat bukti permulaan itu sebab saat ini masih terjadi pertempuran intelektual antara penyidik dan pihak yang diduga.

"Kalau polisi buka ini, nanti pakai strategi ini untuk nutupin. Saya nggak ngomongin ini, saya counter itu namanya strategi pembelaan. Nah oleh karena itu, sekarang istilahnya pertempuran intelektual antara penyidik dengan pihak yang diduga," tandas Tito. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

(BACA: Resmi! Jessica Jadi Tersangka Kasus Mirna, Bisa Dihukum Mati)

Nay