Kendaraan Hilang, Tukang Parkir Wajib Ganti Rugi!

Kendaraan Hilang, Tukang Parkir Wajib Ganti Rugi!Tukang parkir @tribunnews.com
Pasti Anda pernah mendapat karcis parkir yang menulis, "Kehilangan bukan tanggung jawab pengelola parkir." Lantas siapa yang bertanggung jawab ketika kendaraan yang di parkir hilang?

Meski tertulis demikian, sebenarnya tanggung jawab kendaraan tetaplah pada pengelola parkir. Artinya, korban kehilangan akan mendapat ganti rugi seharga kendaraan yang hilang dari pengelola parkir.

Ketetapan tersebut berdasarkan pada beberapa aturan. Pertama, UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam Pasal 18 ayat (1), dijelaskan bahwa pencantuman klausula baku oleh pelaku usaha yang menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku usaha adalah dilarang.

Berdasarkan Pasal 18 ayat (3) UUPK, dijelaskan bahwa klausula tersebut batal demi hukum. Artinya, tulisan bahwa kehilangan bukan tanggung jawab pengelola parkir tidaklah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tak hanya itu, pengelola parkir bahkan bisa digugat secara perdata karena Perbuatan Melawan Hukum berdasarkan pasal 1365, 1366, dan 1367 KUHPer. Di mana ketiganya mengatakan bahwa kehilangan akibat kelalaian akan mendapat ganti rugi.

Aturan lainnya ada pada Putusan MA No 3416/Pdt/1985. Majelis hakim mengatakan bahwa parkir adalah perjanjian penitipan barang yang jika ada kehilangan tentu menjadi tanggung jawab yang mendapat titipan.

Selama ini telah banyak kasus kehilangan yang memenangkan korban dan memaksa pengelola parkir untuk mengganti rugi seharga kendaraan yang hilang.

mks