Cara Membedakan Daging Sapi dengan Babi

Sabtu, 30 Januari 2016 16:20
Cara Membedakan Daging Sapi dengan BabiDaging @primalbody-primalmind.com
Di beberapa wilayah Yogyakarta belum lama ini dikabarkan telah tersebar daging sapi yang dioplos dengan daging babi.

Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan konsumen, Pengawasan Mutu Komoditas dan Kesehatan Hewan Bidang Pertanian, serta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta, memberikan tips untuk membedakan daging sapi dengan babi.

Serat

Ketika direnggangkan, serat daging babi halus atau terlihat samar. Jika daging sapi, akan terlihat dengan jelas garis-garis, serta lebih padat.

Lemak

Lemak daging babi lebih elastis, jika dipegang teksturnya sangat basah. Sementara daging sapi lebih kaku dan cepat kering saat dipegang.

Tekstur

Sama halnya dengan serat, daging babi memiliki tektur yang lembek dan mudah diregangkan. Sementara sapi kaku dan lebih padat.

Aroma

Jika Anda tidak pernah mencium aromanya, daging babi memiliki aroma khas yang berbeda. Untuk daging sapi, aromanya anyir khas daging sapi.

Warna

Daging Babi memiliki warna yang lebih pucat dan lebih muda. Sementara daging sapi berwarna jelas, merah tua.

Kepala Disperindagkoptan Yogyakarta, Endang Finiarti mengatakan, "Tips di atas hanya tips secara fisik ataupun penampakan saja, dibutuhkan pengalaman dan kompetensi yang cukup untuk dapat mengenali antara daging babi dan daging sapi."
(mks)
Komentar