Google Rayakan Ultah Pelukis Termahal Amrita Sher-Gil Ke-103

Google Rayakan Ultah Pelukis Termahal Amrita Sher-Gil Ke-103Amrita Sher-Gil @wearenotamuse.co.uk
Hari ini, Sabtu (30/1) Google memperingati hari lahir Amrita Sher-Gil yang ke -103, yakni pelukis terkenal dunia yang berasal dari India.

Amrita Sher-Gil merupakan pelukis wanita termahal di dunia yang dikenal dengan 100 lukisan mahalnya yang bisa dilihat di National Gallery of Modern Art, India.

Amrita Sher-Gil lahir di Budapest, Hongaria pada 1913. Amrita sudah belajar landasan akademik untuk tumbuh dari pamannya, Ervin Baktay.

Meski ia sudah mampu melukis sejak umur 5 tahun, namun secara resmi ia mulai belajar di usia ke-8. Amrita menempuh pendidikan di Santa Annunziata, sebuah sekolah seni di Florence, Italia pada tahun 1924.

Tak butuh waktu lama untuk Amrita untuk mendapat inspirasi dan dorongan dari karya-karya master Italia saat itu. Di usia ke-16, ia pergi ke Eropa dengan sang ibu untuk berlatih sebagai pelukis di Paris.

Pertama di Grande Chaumiere dibawah Pierre Vaillant dan Lucien Simon dan kemudian di Ecole des Beaux-Arts (1930-1934), ia menarik inspirasi dari pelukis Eropa seperti Paul Cezanne dan Paul Gauguin.

Dalam lukisan pertamanya, Amrita menampilkan pengaruh yang cukup signifikan dari lukisan mode Barat, terutama seperti yang dilakukan di kalangan Bohemian Paris pada awal 1930-an.

Sejak saat itu ia mulai menghasilkan karya-karya mahal yang terkenal sampai saat ini, seperti Self Portrait (1930) dan Young girl (1932) yang mampu mengantarkannya sebagai orang termuda yang pernah menyabet gelar Associate Grand Salon di Paris tahun 1933.

Amrita meninggal pada usia yang cukup muda, yakni ke-28 di Lahore, Pakistan pada tahun 5 Desember 1941.

mks