Bayi Pertama Lahir Setelah 28 Tahun, Warga Italia Syukuran

Bayi Pertama Lahir Setelah 28 Tahun, Warga Italia SyukuranIlustrasi @reuters.com

Kota Ostana, yang berada terpencil di Italia merayakan kelahiran bayi pertama setelah 28 tahun. Penantian panjang kehadiran bayi itu akhirnya berakhir sejak terakhir kali tahun 80-an silam.

Wali kota Ostana, di pegunungan di kawasan Piedmont, mengatakan, suara tangisan bayi itu seolah menjadi, "mimpi yang menjadi kenyataan".

Bayi itu dinamai Pablo, dia lahir di sebuah rumah sakit di Turino, pekan lalu. Kehadiran Pablo menambah jumlah penduduk menjadi 85 orang.

Wali kota Ostana, Giacomo Lombardo mengatakan, di tahun 1900-an, ada 1.000 orang mendiami kota itu. Namun jumlah itu merosot tajam sejak Perang Dunia Kedua.

"Penurunan nyata bermula pada 1975, hanya ada 17 bayi yang dilahirkan antara 1976 hingga 1987 saat bayi terakhir dilahirkan, sampai kemudian lahir si kecil Pablo kemarin," katanya, dilansir dari BBC Indonesia, Sabtu (30/1).

Orangtua Pablo sebenarnya berniat pindah ke kota lain lima tahun lalu. Namun niat itu dibatalkan setelah menerima tawaran kerja mengelola sebuah suaka alam di sekitar kawasan itu.

Kelahiran Pablo disambut suka cita penduduk Ostana. Mereka mengadakan pesta dan selamatan atas penantian panjang kehadiran seorang bayi kecil bak malaikat itu.

Nay