Dampak Rangsangan Seksual Bisa Buat Orang Bodoh

Dampak Rangsangan Seksual Bisa Buat Orang BodohIlustrasi pasangan terangsang @pinimg.com
Sebuah penelitian ilmiah belum lama ini menemukan fakta yang cukup mengejutkan. Mereka menyebutkan bahwa seseorang yang telah terangsang secara seksual menjadi bodoh.

Dikutip dari mic.com, suatu tim psikologi dari Kanada pimpinan Shayna Skakoon-Sparling melaporkan temuannya dalam jurnal Archives of Sexual Behavior yang berisi rangsangan seksual memang berdampak kepada kemampuan membuat keputusan.

Penelitian yang terbagi dalam 2 eksperimen. Pertama, hampir 144 pria dan wanita usia kuliah diaduk-aduk pikirannya dengan sejumlah tontonan video seks tanpa basa-basi. Kemudian para peserta diminta mengisi survei yang menantang apakah mereka berniat ikut serta dalam 'perilaku seks berisiko'.

Hasilnya, sebagian besar dari mereka berniat untuk terlibat dalam perilaku seks berisiko, misalnya hubungan seks tak berpelindung dengan pasangan seks baru. Dibanding mereka yang mengisi survei tanpa menonton video seks.

Eksperimen kedua digelar dengan cara yang sama, tapi para pesertanya tidak ditanyai melalui survei sesudah menonton. Mereka diminta melakukan permainan kartu Blackjack. Sebagai penjelasan, permainan kartu ini lazim dikaitkan dengan judi.

Para peserta ditawarkan kesempatan untuk bermain dengan risiko atau secara aman-aman saja selagi mereka kelimpungan. Kata sang penulis, "Peningkatan rangsangan seksual pada eksperimen 2 berkaitan dengan letupan-letupan dan niat lebih besar untuk bermain secara berisiko dalam permainan Blackjack."

Dari kedua eksperimen ini disimpulkan bahwa ketika dihadapkan kepada tanda-tanda seksual yang kuat, orang yang sedang terangsang secara seksual kemungkinan memiliki penghambat yang lebih lemah dan dapat mengalami proses pembuatan keputusan yang terganggu.

Bahkan hasil-hasil penelitian tersebut bermanfaat dalam mencoba memahami beberapa perilaku seks yang mungkin tidak diinginkan. Misalnya, Lembaga Guttmacher melaporkan bahwa lebih dari setengah jumlah kehamilan di AS setiap tahun sebetulnya tidak direncanakan.

Belum lagi kalau bicara soal raibnya ribuan dolar di meja judi Blackjack di seluruh Las Vegas setiap harinya.
De