Trans 7 Dikritik Youtuber Amerika Karena Tak Cantumkan Sumber

Trans 7 Dikritik Youtuber Amerika Karena Tak Cantumkan SumberMartin Johnson @youtube.com
Adanya pengunggah video di YouTube atau yang dikenal sebagai Youtuber memang sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin membagikan informasi, tak terkecuali stasiun televisi.

Stasiun televisi memang kerap mengambil video di YouTube untuk dibagikan kepada pemirsa. Namun salah satu stasiun televisi di Indonesia, Trans 7 baru saja mendapat kritikan dari Youtuber Amerika Serikat, Martin Johnson.

Pria yang kini di tinggal di Yogyakarta tersebut mengeluhkan tindakan Trans 7 yang semena-mena menggunakan karya orang lain tanpa menyebutkan sang pemilik pada program On The Spot.

Martin mengaku jika setidaknya ada dua video miliknya yang digunakan oleh Trans 7 tanpa menyebutkan namanya. Seperti yang diketahui, Trans 7 memang hanya menuliskan 'courtesy of YouTube' pada video yang mereka tampilkan.

Martin sebenarnya senang karena videonya mendapat perhatian. Namun sebagai media yang mempunyai banyak karyawan dan uang, ia berharap Trans 7 mempunyai etika yang lebih baik pada saat memakai video dari YouTube.

Terlebih, stasiun televisi mendapatkan penghasilan karena program siaran yang mereka tampilkan itu. Menurutnya tindakan seperti ini adalah tidak menghargai karya Youtuber yang menghasilkan video asli.

Lihat kritikan Martin tersebut pada video di atas!

mks