5 Makanan Kaya Kalsium Selain Susu

Sabtu, 17 Desember 2011
5 Makanan Kaya Kalsium Selain Susu
Jika membicarakan sumber kalsium, yang sering kita ingat adalah susu. Padahal masih banyak bahan alami lain yang dapat memberikan asupan kalsium setiap hari. Mengapa Anda harus mengetahui hal ini? Tentu saja karena kalsium adalah salah satu bahan yang dapat menjaga dan menunjang kesehatan tulang. 

Sekalipun hampir semua orang memilih susu hewani sebagai sumber asupan kalsium harian, sebenarnya masih ada bahan makanan lain yang bisa Anda masukkan ke dalam kantong belanja. Ketahui rahasia ini dan lengkapi asupan kalsium terbaik dari alam. Inilah beberapa bahan makanan yang bisa Anda pilih seperti dilansir Readers Digest.

Sayur Hijau

Sayuran yang memiliki warna hijau gelap seperti bayam mengandung banyak kalsium, vitamin dan mineral lainnya. Semua bahan tersebut sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Salad bayam yang disajikan bersama sayuran berdaun hijau lainnya akan memberikan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda.

Makanan Jadi

Makanan yang telah diolah dari pabrik tak selamanya memiliki reputasi buruk, beberapa dari produk tersebut mengandung banyak vitamin dan mineral, salah satunya adalah kalsium. Sarapan dengan asupan sereal adalah cara yang baik untuk memberikan nutrisi pada tubuh. Tetapi Anda harus berhati-hati dengan kandungan gula yang banyak terkandung dalam berbagai produk makanan jadi.

Jeruk

Buah yang mudah dijumpai ini lebih dikenal sebagai pemasok vitamin C, padahal jeruk dan keluarga sitrus lainnya adalah pemasok kalsium. Kabar baiknya, menikmati jeruk segar akan meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan tulang.

Almond

Kacang lezat yang satu ini banyak mengandung kalsium dan vitamin E di mana keduanya saling mendukung untuk menjaga kesehatan kuku dan rambut. Memasukkan kacang almond sebagai salah satu bahan salad atau menjadikannya camilan adalah cara yang mengenyangkan dan sehat.

Kacang Merah

Kacang yang sering dimasak sup bening ini mengandung banyak protein, serat dan kalsium. Kacang merah segar adalah salah satu kacang yang tidak terlalu mahal tetapi dapat menunjang kesehatan Anda dengan prima. Jadi jangan ragu untuk memasukkan kacang merah sebagai menu harian.(www.vemale.com/rha)
Komentar