Video: Ngeri, Begini Kondisi Tubuh Jika Berhenti Makan!

Video: Ngeri, Begini Kondisi Tubuh Jika Berhenti Makan!Kondisi tubuh akibat tidak makan @youtube.com
Makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan untuk tubuh setiap harinya. Jika tubuh tidak mendapat asupan makanan yang cukup pasti Anda akan merasa lemah lesu dan lemas.

Bagi para cewek yang sedang melakukan diet, sebaiknya jangan mengurangi porsi makanan secara berlebihan. Apalagi sampai menahan lapar selama berhari-hari.

Sebuah video berdurasi 3 menit 30 detik berikut ini memperlihatkan bagaimana kondisi tubuh Anda jika tidak mendapat asupan makanan yang cukup dan seberapa lama tubuh Anda bisa menahannya.

Video yang dirilis oleh AsapSCIENCE ini menunjukkan fakta yang mengejutkan ketika tubuh tidak mendapat asupan makanan selama 3 minggu.

1. 6 jam pertama tanpa asupan makanan

Pada tahap ini semuanya masih terasa normal, dimana tubuh mulai memecah glikogen yang mengubah energi menjadi glukosa.

Setelah lebih dari enam jam, produksi energi akan berhenti karena glikogen terkuras habis. Hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi psikologis sehingga Anda menjadi orang yang mudah marah dan emosi.

2. 6-72 jam tanpa asupan makanan

Ketosis adalah keadaan dimana tubuh kehabisan karbohidrat dan memaksa lemak sebagai sumber energi.

Karena lemak tidak dapat dialirkan ke pembuluh darah, maka otak merespon untuk merubah lemak menjadi asam lemak (Keton) dan hanya 75% energi yang bisa diterima otak dari keton. Dalam kondisi ini fungsi kognitif pada otak mungkin akan mengalami sedikit gangguan.

3. Lebih dari 72 jam tanpa asupan makanan

Lebih dari ini Anda akan merasa bad mood dan tubuh terus mengalami penderitaan. Tanpa glukosa dan lemak, otak akan merespon untuk memecahkan protein dari otot dan digunakan sebagai energi.

Pada wanita dalam fase ini dapat mengalami gangguan menstruasi dikarenakan karena tubuh mulai membatasi penggunaan energ. Wanita dan pria juga akan merasakan penurunan libido.

4. 1-2 minggu tanpa asupan makanan

Pada fase ini, karena tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral maka sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, tubuh akan tetap bekerja dan menggunakan semua sumber energi yang tersisa hingga tubuh bena-benar kehabisan glukosa, lemak, dan massa otot.

5. 3 minggu - 70 hari tanpa makanan

Pada umumnya kelaparan akan menyebabkan kematian pada sekitar 3 minggu - 70 hari seperti yang telah terjadi ketika Irlandia dilanda kelaparan pada tahun 1981.

Yuk simak videonya di atas, agar Anda benar-benar mengerti dampak dari berhenti makan atau diet terlalu ketat:
De