4 Hal yang Wajib Dihindari Saat Charge HP

4 Hal yang Wajib Dihindari Saat Charge HPMengisi baterai smartphone @inhabitat.com
Setiap pengguna smartphone pasti ada kalanya mengisi daya baterai. Namun tahukah Anda jika ketika mengisi baterai smartphone ada beberapa hal yang harus dihindari?

Berikut ini empat hal terlarang terkait pengisian baterai:

Pakai Charger abal-abal

Menggunakan charge ponsel yang tidak asli atau orisinil berisiko pada baterai smartphone Anda. Hal ini karena terkadang output charger bajakan tidak sesuai dengan input yang diterima perangkat.

Charge di atas tempat empuk seperti kasur

Sebaiknya Anda melakukan pengisian baterai di tempat yang keras seperti meja atau lantai. Karena jika Anda menempatkannya di kasur atau tempat empuk lainnya, panas yang dihasilkan dari pengisian akan berkali-lipat.

Menunggu kehabisan baterai (0%)

Setiap baterai memiliki charge cycle atau batasan berapa kali pengisian sampai performa atau kapasitas baterai menurun. Kondisi 0% diketahui akan mengurangi charge cycle lebih cepat dibanding Anda mengisinya sebelum kehabisan baterai.

Membiarkan charge menancap semalaman

Sebaiknya Anda tidak mengisi baterai ketika hendak tidur karena biasanya Anda akan tertidur sementara ponsel masih dalam keadaan charging.

Kondisi seperti ini akan mengakibatkan baterai kelebihan kapasitas sehingga menimbulkan panas dan bukan tidak mungkin akan berakhir pada ledakan.

mks