10 Hal yang 'Terbunuh' Kehadiran Smartphone

10 Hal yang 'Terbunuh' Kehadiran SmartphoneSmartphone @salon.com
Hampir setiap orang yang sudah mengerti teknologi pasti mempunyai smartphone. Kehadiran smartphone memang sangat memudahkan seseorang dalam melakukan berbagai kegiatan.

Namun di sisi lain, adanya smartphone juga membuat beberapa hal yang kerap dilakukan orang di masa lalu menjadi hilang. Berikut ini 10 hal yang hilang karena kehadiran smartphone:

Buku Agenda

Mencatat berbagai peringatan tahunan atau hanya sekedar pengingat apa yang akan dilakukan hari itu pada zaman dahulu pasti membutuhkan buku agenda. Namun, kini dengan smartphone siapa saja bisa menulis agenda dengan sangat mudah, bahkan mempunyai pengingat berupa alarm.

Telepon Umum

Sepuluh tahun yang lalu koin mungkin masih sangat berharga karena banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti bermain game atau untuk melakukan panggilan di telepon umum. Namun sekarang, untuk apa kita repot ke telepon umum jika sudah punya smartphone.

Jam Weker

Untuk membantu bangun pagi, orang zaman sekarang sudah tidak akan menggunakan jam weker. Cukup dengan setting alarm yang sudah tersedia di smartphone.

Kalkulator

Kalkulator adalah salah satu barang yang bisa dibilang sudah tak berguna di era sekarang. Bahkan ponsel lawas pun punya yang namanya kalkulator.

Kamera

Untuk melihat hasil kamera, sepuluh tahun yang lalu pasti kita harus menunggu untuk beberapa hari. Namun dengan adanya smartphone sekarang ini, hasil kamera bahkan sudah bisa dilihat secara langsung, bahkan dengan mudahnya bisa dihapus.

Album Foto

Untuk generasi muda zaman sekarang, album foto adalah barang yang sangat langka. Dengan smartphone kita sudah bisa membuat album secara online di berbagai penyedia penyimpanan online.

Alat Navigasi

Peta, kompas dan alat-alat navigasi lainnya kini sudah tidak diperlukan beli secara terpisah. Smartphone sudah menjadi alat navigasi yang canggih yang telah dilengkapi dengan GPS dan sebagainya.

Walkman

Walkman bisa dibilang adalah empunya iPod milik Apple. Walkman merupakan salah satu perangkat favorit remaja zaman dahulu sebelum smartphone populer.

Surat dan Kartu Pos

Bagi orang di generasi 90an, saling berkirim surat kertas pasti pernah dilakukan. Bahkan untuk menyapa orang yang kita kasihi juga dilakukan dengan cara mengirim surat kertas.

Namun dengan adanya teknologi smartphone, kini seseorang tak perlu repot-repot untuk menulis surat di kertas karena sudah banyak media yang bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone, seperti email atau pesan singkat (SMS).

Begitu juga dengan kartu pos, kini sudah banyak media sosial seperti Instagram yang ada di smartphone sehingga fungsi kartu pos sudah tergantikan.

Waktu Sendiri

Meluangkan waktu untuk menenangkan diri dan menjauhkan dari berbagai aktivitas dikatakan mampu memperbaiki kesehatan jiwa menjadi lebih sehat. Namun adanya smartphone membuat seseorang terus terpaku pada media tersebut sehingga mereka tidak sempat meluangkan waktu untuk diri sendiri.
mks