Flashdisk 64 GB Dijual Murah, Ternyata Cuma 832 MB

Flashdisk 64 GB Dijual Murah, Ternyata Cuma 832 MBFlashdisk @alemdeumnerd.com
Tempat penyimpanan data seperti flashdisk memang menjadi perangkat yang wajib dimiliki bagi seorang pengguna komputer. Namun belakangan ini ada bahaya yang mengancam para pemburu flashdisk.

Saat hendak membeli sebuah flashdisk, jangan pernah Anda memilih perangkat dengan kapasitas besar namun dengan harga yang murah.

Pengguna Facebook bernama Tien En mengaku tertipu setelah membeli sebuah flashdisk berkapasitas 64 GB dengan harga yang relatif murah. Namun ia sangat terkejut karena kapasitasnya ternyata tak lebih dari 1 GB alias 832 MB.

Awalnya, Tien mulai curiga saat tes software file isi asli dan file yang sudah dipindah ke flashdisk tidak sama. Meski tidak menemui pemberitahuan bahwa proses 'copy' gagal, namun Tien melihat kapasitas yang ada di flashdisk jauh lebih kecil.

Dalam sebuah postingan di Facebook Tien mengatakan:

ini sudah KETERLALUAN!....

...

ternyata ukuran sebenarnya hanya 832 MB saja (kurang dari 1GB)... meski dicek secara software umum, di format ulang (bahkan dengan software KHUSUS Low level format sekalipun), tetap ukurannya sekitar 62 GB!

ini hanya mungkin terjadi jika ada MANIPULASI ditingkat FIRMWAREnya...(dari pihak pembuat chipnya... firmware itu tak mudah diubah, dan cara mengubahnya diketahui oleh pembuatnya sendiri!).

apakah aman jika kita pake untuk menyimpan file sebatas 800 MB saja?

TETAP TIDAK AMAN!... karena OS akan mengira ada ruang yg besarrrr, jadi bisa sementara saving di ruang kosong tersebut, padahal alamatnya DIBELOKKAN ke ruang 800 MB yg ada, bisa terjadi overwrite, tanpa LAPORAN ERROR!.. tahu tahu banyak file yg akan rusak! tanpa bisa diperbaiki lagi... jadi ini TETAP BAHAYA!

Flashdisk abal-abal ini tentu lebih berbahaya jika digunakan, apalagi untuk mengirim file penting. Pengguna akan mengirim file dengan kapasitas yang besar, sementara yang terbaca di flashdisk hanya sedikit dan yang lainnya bisa hilang.

Flashdisk dengan kapasitas 64 GB sendiri rata-rata dijual dengan harga Rp 250 ke atas. Sementara kini banyak toko yang menawarkan flashdisk palsu berkapasitas sama yang harganya jauh lebih murah, bahkan ada yang hanya Rp 50 ribu.

mks