Garpu Canggih Bikin Makanan Asin Tanpa Garam

Garpu Canggih Bikin Makanan Asin Tanpa GaramGarpu elektrik @odditycentral.com
Peneliti di Jepang berhasil menemukan inovasi canggih untuk mengubah rasa makanan. Dalam hal ini ia memanfaatkan aliran listrik sebagai medianya.

Peneliti dari Universitas Meiji di Tokyo, Jepang, Hiromi Nakamura membuat penemuan revolusioner berupa garpu elektronik yang diklaim bisa mengubah rasa makanan menjadi asin, sehingga dapat menjadi pengganti bumbu, seperti dilansir Oddity Central.

Kemampuan ini tentu sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin diet. Bahkan mereka yang memiliki tekanan darah rendah juga bisa diet dengan cara rendah garam. Garpu ini juga tidak membahayakan karena aliran listriknya sangat kecil.

Awalnya, Nakamura melakukan eksperimen di mana ia menyambungkan kawat pada baterai 9 volt melalui sebuah sedotan yang dicelupkan pada sebuah gelas berisi limun manis. Namun relawan yang disuruh menikmatinya mengaku rasanya menjadi hambar.

Penelitian yang dilakukan di Computer Human Interaction Conference di Austin, Texas, pada tahun 201 ini membuat Nakamura berpikir bahwa aliran listrik bisa mengubah rasa pada makanan.

Bersama dengan Profesor Homei Miyashita, Nakamura menyebut teknologi ini sebagai Augmented Gustation. Mereka telah menyempurnakannya sehingga bisa mentransfer aliran listrik ke makanan melalui garpu dan sumpit.



Nakamura mengatakan, "Saat anda mengambil makanan dengan garpu dan memasukkanya pada mulut, alat ini akan bekerja. Sedangkan saat anda mengambil garpu dari mulut maka alat ini akan dengan otomatis berhenti bekerja."

Simon Klose, seorang reporter yang awalnya tidak yakin dengan penemuan ini begitu terkejut setelah mencoba makan sepotong ayam goreng yang disediakan, "Rasanya sangat asin. Ini sangat keren. Rasanya seperti ayam ini telah berkarbonasi," ujarnya.

Nakamura mengaku telah menggunakan garpu canggih ini pada dirinya sendiri selama empat tahun terakhir. Namun sejauh ini ia belum berpikir untuk membuatnya dalam skala publik.

mks