Ini Lengan Robot Kendali Otak yang Sebenarnya

Ini Lengan Robot Kendali Otak yang SebenarnyaLengan robot kendali otak @youtube.com
Nama I Made Sumardana alias Tawan alias Iron Man asal Bali belakangan ini memang sangat populer. Hal ini tak lepas dari temuannya, yakni sebuah alat berupa lengan robot yang bisa digerakkan dengan otak.

Namun, dibalik banyaknya pujian yang didapat Tawan, tak jarang pula yang menganggap jika temuan pria tersebut adalah palsu alias hoax.

Alat serupa sebelumnya telah dikembangkan oleh Johns Hopkins University dan perusahaan robotika di Kanada, ThalmicLab. Lengan robot yang mereka buat memang benar-benar dikendalikan dengan otak.

Pasien pertama yang berhasil menguji coba alat tersebut adalah Johnny Matheny, pria yang kehilangan lengan kirinya pada tahun 2008 silam karena kanker.

Johnny mengatakan jika lengan robot yang ia gunakan ini benar-benar alami dengan perangkat canggih yang sederhana. "Lengan palsu sebelumnya sangat terbatas. Tangan saya tidak bisa mencapai atas kepada dan belakang punggung. Tetapi sekarang semua bisa dan nyaman digunakan," ujarnya.

Sistem kerjanya, pasien harus menjalani operasi otot dan syaraf yang nantinya bisa mengendalikan lengan palsu. Dalam hal ini peneliti mengimplan titanium ke dalam sumsum tulang lengan Johnny, kemudian di bawa keluar melalui jaringan kulit. Tak bisa dipungkiri, lengan palsu biasanya membuat pengguna merasa terluka dan kesakitan.

Ban yang terlihat di lengan aslinya ini akan merekam aktivitas listrik pada otot lengan, sehingga penggunanya bisa memindahkan dan mengambil barang secara alami, serta menggerakkan jarinya. Sinyal yang dihasilkan dari otot akan dikirim kembali secara nirkabel ke komputer, di mana semuanya diproses, lalu dikirim kembali ke prostetik agar sendinya bisa beroperasi.

Teknologi serupa tidak hanya dikembangkan oleh Johns Hopkins University dan ThalmicLab. Tahun lalu, juga ada teknologi yang memungkinkan seseorang menggerakkan tangannya yang lumpuh. Namun proses tersebut masih membutuhkan elektroda di otak pasien. Berbeda jauh dengan teknologi terbaru ini.

Lihat video lengan robot dengan kendali otak tersebut di atas!

mks