Kalahkan Semen Padang 2-1, Mitra Kukar Juara Piala Jenderal Sudirman

Senin, 25 Januari 2016 10:00
Kalahkan Semen Padang 2-1, Mitra Kukar Juara Piala Jenderal SudirmanMitra Kukar juara @kompas.com
Setelah berhasil mengalahkan Arema Cronus di semi final beberapa waktu lalu, tim sepakbola Kalimantan Timur, Mitra Kukar berhasil menakhlukkan Semen Padang di partai final di dengan skor 2-1. Dengan ini Mitra Kukar keluar sebagai juara Piala Jenderal Sudirman.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta ini keduanya bertanding di atas lapangan yang berat dan licin sejak awal karena diguyur hujan deras.

Semen Padang sejatinya lebih menguasai pertandingan pada babak pertama. Mereka bahkan mampu ungguh lewat sundulan kepala Bagasa Adi Nugroho pada menit ke-32 memanfaatkan umpang lambung Irsyad Maulana. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Ketinggalan gol di babak pertama ini membuat Mitra Kukar tampil lebih menyerang sejak babak kedua digulirkan. Kondisi ini ternyata cukup ampuh untuk menekan pemain lawan sehingga mereka membuat pelanggaran yang tak perlu dilakukan.

Pemain Semen Padang dari Korea Selatan, Yu Hyun-Koo harus diusir keluar lapangan setelah menerima kartu kuning kedua akibat pelanggaran yang seharusnya tidak penting.

Bermain dengan 10 pemain, kekuatan Semen Padang pun pincang, terlebih pemain belakang Novan Setya Sasongko cedera dan harus meninggalkan lapangan. Mitra Kukar tak membuang kesempatan dan mengucurkan serangan pada sisi kiri tempat Novan beraksi.

Pada menit ke-79, tendangan bebas Michael Orah gagal diantisipasi dengan baik oleh penjaga gawang Semen Padang Jandia Eka Putra. Bola tangkapannya lepas dan menyentuh paha bek asal Mali Mamadou Al Hadji yang membuat bola menerobos masuk gawang sendiri, skor pun berubah menjadi 1-1.

Tim asuhan pelatih asal Minang, Jafri Sastra ini akhirnya memastikan kemenangannya setelah berhasil mengemas gol ke-2 di menit terakhir, yakni 89. Kali ini giliran Yogi Rahardian yang benar-benar memanfaatkan sisi kiri pertahanan lawan.

Pemain yang sempat bermain di Uruguay ini menggocek bola dan mengelabuhi barisan pertahanan Semen Padang sebelum melepaskan tendangan keras yang berujung kemenangan. Skor 2-1 pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

(mks)
Komentar