Sumber Berita Hoax Bom Palmerah & Kuningan Terungkap

Sumber Berita Hoax Bom Palmerah & Kuningan TerungkapDampak bom di Sarinah @viva.co.id
Selain insiden bom di kawasan Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1) kemarin, warga juga sempat dihebohkan dengan kabar serupa yang terjadi di daerah lain, termasuk di Palmerah dan Kuningan.

Tak lama setelah informasi ledakan bom di Sarinah, muncul pula kabar bahwa ledakan lain terjadi di Palmerah dan Kuningan. Kabar yang membuat warga ketar-ketir ini kemudian dikonfirmasi sebagai kabar bohong alias hoax.

Perusahaan analisis lokal, GDILab berhasil menemukan asal-usul tersebarnya kabar bom hoax yang terjadi di Palmerah dan Kuningan. Mereka menemukannya pada media sosial Twitter ketika mencari dengan kata kunci (query) 'Bom Jakarta'.

Setidaknya lebih dari 9 ribu kicauan Twitter membahas bom Jakarta, meliputi Sarinah, Palmerah, serta Kuningan. Untuk dua wilayah terakhir, terdapat dua posting yang masing-masing menyebarkan isu ledakan di kedua wilayah itu.



Dari keempat postingan yang terlihat, hanya satu yang dianggap sebagai informasi positif, terlihat dari tanda + berwarna biru, sementara ketiga lainnya dipastikan bohong.

Infografis tersebut sejauh ini mengungkapkan bahwa insiden ledakan bom tersebut telah mendapat sorotan media sekitar 114.539.074 kali. Ledakan Sarinah menjadi topik paling banyak dibicarakan dengan meraih persentase mencapai 95%. Sisanya adalah berita hoax yang membahas bom Palmerah dan Kuningan.

mks