Bernama Muhammad, Pria AS Ditolak Daftar Game Online

Bernama Muhammad, Pria AS Ditolak Daftar Game OnlineMuhammad Zakir Khan @wraltechwire.com
Lagi-lagi warga Muslim di Amerika Serikat diperlakukan tidak adil. Seorang gamer bernama Muhammad Zakir Khan ditolak saat melakukan pendaftaran oji coba game berjudul Paragon.

Melalui akun Twitter-nya, @Muzzakh, ia menceritakan kejadian itu terjadi ketika ia ingin mencoba video game buatan Epic Games. "Nama saya Khan dan saya bukan teroris #Islamophonbia," tulisnya.

Zakir dilarang mendaftar dan kemudian muncul pesan dari Epic Games berbunyi, "Namanya menimbulkan ancaman terhadap keamanan, ekonomi, dan kebijakan Amerika Serikat."

Melihat hal ini, pendiri Epic Games, Tim Sweeney mengajukan permintaan maaf kepada Zakir dan berjanji akan segera menyelesaikan kasus ini.

"Seharusnya tidak terjadi. Kami akan koreksi masalah ini secepat mungkin. Penyebabnya adalah kendala penjualan video game di AS," ujar Sweeney.

Meski perusahaan sudah meminta maaf, namun Zakir lantas tidak puas dan menuduh perusahaan industri pengembang video game telah memberikan informasi pengguna beragama Islam pada pemerintah AS secara tidak diketahui.

Pria yang juga seorang profesor ini lalu mengungkapkan sejumlah email rasis dan diskriminasi yang diterima akibat kejadian yang baru saja ia alami itu.

mks