Sidang di AS, Monyet Sulawesi Kalah Dapatkan Hak Cipta Selfie

Sidang di AS, Monyet Sulawesi Kalah Dapatkan Hak Cipta SelfieMonyet Naruto @pawmanefin.com
Dalam sebuah sidang yang dilangsungkan di Amerika Serikat, seekor monyet dari kepulauan hutan Sulawesi, Indonesia, Naruto kalah mendapatkan hak cipta atas sebuah foto yang direkamnya sendiri.

Gambar selfie Naruto yang diambil di hutan kepulauan Sulawesi ini oleh hakim dinyatakan sebagai gambar yang bukan hak cipta dari primata cerdas tersebut. Hal ini diputuskan setelah pengadilan mempertimbangkan gugatan yang diajukan kelompok hak asasi hewan bagi pihak monyet malaka itu.

Satu-satunya alasan pengadilan mengalahkan gugatan itu adalah karena monyet bukanlah manusia. Kelompok yang membawa kasus itu ke pengadilan diketahui adalah People for the Ethical Treatment of Animals (Peta).

Hewan berusia 7 tahun tersebut merekam dirinya sendiri menggunakan kamera yang ditinggalkan fotografer Inggris, David Slater di kawasan hutan lindung Indonesia 2011 lalu. Gambar selfie ini pun disiarkan oleh Slater melalui buku satwa liar yang dibuatnya.

Karena inilah Peta mendesak agar monyet tersebut mendapat kompensasi karena dianggap sebagai pemilik hak cipta. Kompensasi tersebut nantinya ditujukan untuk melestarikan habitat hewan itu sendiri.

Meski kalah dalam persidangan, pengacara Peta, Jeff Kerr mengatakan jika proses pengadilan ini patut dirayakan karena menjadi sejarah dalam legislatif. "Untuk pertama kalinya kami mempertahankan hak hewan," ujar Kerr.

Gambar selfie Naruto ini tersebar dan mendapat kritikan dari berbagai pihak sampai mendorong gugatan yang diajukan terhadap Slater pada tahun 2015 lalu.

mks