3 Bahan Alami Untuk Memutihkan Pakaian

Minggu, 06 November 2011
3 Bahan Alami Untuk Memutihkan Pakaian

Agar pakaian putih tetap cerah, tak harus memakai cairan kimia. Bahan alami buatan sendiri sama ampuhnya. Memiliki pakaian putih atau kain berbahan putih seperti handuk atau jilbab memerlukan perawatan khusus. Jika salah merawat dan menangani mereka, maka warna putih pada pakaian akan menjadi kusam dan berwarna kekuningan. Karena itulah saat proses mencuci, kain/pakaian dengan warna putih harus dipisahkan dengan pakaian berwarna.


Dengan berbagai kemudahan, maka muncul berbagai cairan kimia yang ditujukan untuk mencerahkan dan menjaga warna pakaian putih. Cara tersebut dapat dipakai, tetapi untuk sebagian orang, cairan kimia tersebut dirasa terlalu 'keras'. Tak hanya berdampak pada rusaknya serat kain, tetapi juga menimbulkan panas di tangan serta menimbulkan bau kimia yang tak sedap.

Lalu bagaimana nasib pakaian warna putih jika tak suka memakai cairan kimia pemutih pakaian? Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan seperti dilansir Readers Digest.

1. Lemon Segar

Iris beberapa buah lemon segar, masukkan dalam air panas (pada ember atau bak cucian). Lalu masukkan pakaian putih Anda selama satu hingga dua jam. Kemudian cuci seperti biasa.

Jika pakaian sangat kusam, rebus air hingga mendidih, matikan api. Masukkan air tersebut dalam ember cucian dan masukkan lemon segar yang telah diiris. Masukkan pakaian dan rendam semalaman. Keesokan harinya, cuci seperti biasa.

2. Cuka Putih

Bahan untuk memasak ini juga ampuh mencerahkan pakaian putih. Campur 125ml hingga 250ml cuka putih ke dalam air rendaman bersamaan dengan deterjen atau sabun cuci. Cara ini akan memutihkan pakaian serta membantu agar sisa detergen tidak tertinggal pada pakaian. Pemakaian cuka putih juga bisa untuk melembutkan serat pakaian.

3. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara lama ini masih bekerja dengan baik. Jika pakaian berwarna tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari, maka pakaian putih dapat dijemur langsung di bawah sinar matahari. Kekuatan sinar matahari akan mencerahkan warna putih dan memberi aroma yang segar pada pakaian.

(woman.kapanlagi.com/rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar